DaerahSerang
Trending

Warga Tunjung Teja Mengeluh, Tanahnya Sudah Jadi Tol Tapi Belum Terima Pembayaran Ganti Rugi

SERANG, BANTEN RAYA – Warga Desa Bojong Catang, Kecamatan Tunjung Teja mengadukan pembangunan Tol Serang-Panimbang (Serpan) kepada anggota DPR RI. Sebab, lahan warga itu telah dibangun dan menjadi tol namun belum dibayar oleh pihak berwenang dari proyek infrastruktur tersebut.

Pengaduan warga itu disampaikan melalui anggota Komisi I DPRD Kabupaten Serang Zainal Abidin yang diserahkan berkasanya kepada Wakil Ketua DPRD Kabupaten Serang Imam Ghozali untuk kemudian diteruskan kepada anggota Komisi III DPR RI Desmond J Mahesa.

Zainal mengatakan, sebanyak 21 warga Desa Bojong Catang memiliki lahan hampir seluas 3 hektare yang sudah digusur pihak Tol Serpan dan saat ini sudah menjadi tol namun belum dilakukan pembayaran ganti rugi. 

“Warga hanya bisa mengelus dada karena belum menerima sepeserpun penggantian lahannya,” kata Zainal, Kamis (25/3/2021).

Adapun kronologis terjadinya hal itu, politikus Hanura itu menuturkan, 21 orang wagra yang memiliki lahan keberatan dengan harga yang ditetapkan oleh pejabat pelaksana teknis kegiatan (PPTK) tol Serpan yang dinilainya tidak manusiawi.

“Warga yang keberatan itu diwakili Ahmad Komara mengadukan keberatan ke Pengadilan Negeri (PN) Serang pada tahun 2018 dan PN Serang menetapkan harga untuk lahan mereka sebesar Rp250.000 per meter,” ujarnya.

Zainal mengungkapkan, bukanya pihak tol menjalankan keputusan PN Serang tersebut tapi justru pihak Tol Serpan melakukan banding ke Pengadilan Tinggi Banten. Namun putusan Pengadilan Tinggi Banten justru memperkuat putusan PN Serang.

“Tadi (kemarin-red) kami minta tolong ke Pak Imam Ghozali untuk disampaikan persoalan ini ke Pak Desmond sebagai perwakilan anggota DPR RI. Berkas putusannya sudah kami sampaikan ke Pak Imam,” tuturnya.

Ia berharap, Desmond bisa membantu warga Desa Bojong Catang tersebut untuk bisa memperoleh haknya sesuai keputusan PN Serang dan Pengadilan Tinggi Banten. 

“Kasian mereka (warga-red) sudah enggak punya lahan enggak dapat ganti rugi juga,” katanya.

Sementara itu, Iman Ghozali mengaku akan secepatnya menindaklanjuti pengaduan warga tersebut. “Kita akan koordinasi dulu dengan Asda I Pemkab Serang Pak Nanang Supriatna sebelum kami sampaikan ke Pak Desmond,” katanya.

Politikus Gerindra itu menilai jika melihat salinan putusan dari PN Serang dan Pengadilan Tinggi Banten, pihak Tol Serpan sudah seharusnya menjalankan putusan tersebut. “Sebenarnya, putusannya sidah jelas tinggal dijalankan saja,” ujarnya. (tanjung/fikri)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp