DaerahPemprov Banten
Trending

Tak Semua Honorer Pemprov Banten Terima THR, Hanya yang Bekerja di Instansi Ini yang Dapat

SERANG, BANTEN RAYA – Pemprov Banten memastikan tak semua pegawai non ASN di lingkup kerjanya mendapatkan tunjangan hari raya (THR). Hanya honorer yang bertugas di badan layanan umum daerah (BLUD) saja yang bakal menerima dana segar tersebut.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan aset Daerah (BPKAD) Provinsi Banten Rina Dewiyanti mengatakan, teknis pemberian THR dan gaji ke-13 tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 63 Tahun 2021.

Untuk pemerintah daerah THR dan gaji ke-13 yang dibebankan kepada APBD diberikan kepada PNS dan calon PNS serta pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) yang bekerja pada instansi daerah. Kemudian, gubernur dan wakil gubernur, bupati/walikota dan wakil bupati/wakil walikota. Pimpinan dan anggota DPRD serta pimpinan BLUD.

“Terakhir, pegawai non pegawai ASN yang bertugas pada pada instansi daerah yang menerapkan pola pengelolaan keuangan BLUD,” ujarnya saat dihubungi wartawan, kemarin.

Mantan Kepala BPKAD Kabupaten Lebak itu menuturkan, selain honorer yang bertugas di instansi yang menerapkan BLUD maka selain dari itu tak akan mendapatkan THR.

“PP Nomor 63 Tahun 2021 pasal 16 huruf b angka 7. Di sana mengatakan non pns adalah yang bekerja pada instansi yang menerapkan pola pengelolaan keuangan BLUD. Di kita ya RSU Banten dan Malingping,” katanya.

Rina mengaku, pada dasarnya Pemprov Banten menginginkan agar semua tenaga honorer di lingkup kerjanya mendapatkan THR. Akan tetapi mereka terbentur dengan aturan dari pemerintah pusat. Adapun alokasi anggaran untuk pembayaran THR Lebaran 1442 Hijriah bagi ASN adalah senilai Rp44,76 miliar. THR non ASN di RSU Banten 1,73 miliar dan RSU Malingping Rp330 juta.

“Pak Gubernur, Pak Wagub, Pak Sekda, TAPD semua berharap non PNS dapat THR. Tetapi sudah jelas aturannya,” ungkapnya.

Berdasarkan catatan Banten Raya, kebijakan tak memberikan THR untuk semua tenaga honorer berbanding terbalik dengan tahun lalu. Saat itu, seluruh tenaga honorer mendapatkannya.

BACA JUGA: Asyik…. Gubernur, Anggota Dewan Sampai Tenaga Honorer Pemprov Banten Dapat THR

Sementara pembatasan justru diberikan bagi ASN dimana pejabat eselon I dan II tidak memerolehnya. Total Pemprov Banten mengalokasikan anggaran untuk THR senilai Rp81 miliar rinciannya, THR untuk ASN Rp46 miliar dan untuk honorer senilai Rp35 miliar. 

Diberitakan sebelumnya, Pemprov Banten telah menganggarkan alokasi untuk THR Lebaran 2021. Seluruh pegawai, baik aparatur sipil negara (ASN) maupun honorer, anggota DPRD hingga gubernur bakal mendapatkannya. (dewa)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp