Tangerang
Trending

Bapenda Kabupaten Tangerang Tagih Tunggakan PBB Selama 15 Tahun Milik PT Taman Sari dengan Baliho Raksasa

TANGERANG, BANTEN RAYA – Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) melakukan proses penagihan pajak dalam bentuk pemasangan baliho sebagai bentuk lain dalam penagihan pajak kepada PT Taman Sari Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang, Senin (17/5).

Hadir pada acara tersebut Kepala Bapenda Kabupaten Tangerang Soma Atmaja, Kepala Satpol PP Kabupaten Tangerang Fachrul Rozi, Bagian Hukum Setda Pemkab Tangerang, Camat Kelapa Dua, perwakilan Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Tangerang, dan Muspika Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang.

Soma Atmaja mengatakan, pemasangan baliho ini merupakan Salah satu rencana aksi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada tahun 2021 untuk Pemerintah Kabupaten Tangerang melalui Monitoring Centre of Prevention (MCP) KPK pada area peningkatan pendapatan daerah selain dari optimalisasi pendapatan daerah.

“Penagihan piutang pajak daerah ini dari tahun ke tahun terus menjadi perhatian MCP KPK bahkan dalam beberapa pertemuan dengan MCP KPK selalu dipertanyakan sejauh mana progres penagihan yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tangerang yang dalam hal ini dilaksanakan oleh Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tangerang,” ujar Soma.

Ia mengatakan, Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang telah mendata beberapa wajib pajak yang menunggak pajak di atas Rp1 miliar baik tunggakan pajak non PBB dan non BPHTB maupun tunggakan PBB dan BPHTB.

“Maka pada hari ini tanggal 17 Mei 2021, Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Tangerang melakukan proses penagihan pajak dalam bentuk pemasangan baliho atau banner atau spanduk sebagai bentuk lain dalam penagihan pajak,” ujarnya

“Jadi perlu kami tekankan bahwa pemasangan baliho yang bertuliskan belum memenuhi kewajiban PBB perdesaan perkotaan ini bukanlah tindakan penyegelan, tetapi merupakan bentuk lain dari penagihan pajak daerah sebagaimana yang telah diatur dalam Pasal 106 Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2021 tentang Pajak Daerah,” kata dia lagi.

Perlu diketahui, PT Taman Sari Kecamatan Kelapa Dua Kabupaten Tangerang ini telah menunggak Pajak Bumi dan Bangunan telah cukup lama dalam rentang waktu lebih dari 5 tahun yakni mulai 1995 sampai 2020. Soma mengatakan, sebelum pemasangan baliho, pihaknya telah memberikan tagihan dan teguran yakni pada 23 Januari 2020, 1 April 2020, 20 Juli 2020, 9 Oktober 2020, 24 Februari 2021, serta 10 Mei 2021.

Soma mengatakan, pihaknya juga menggandeng Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Banten sebagai pendamping pemeriksaan pajak atas PBB PT Taman Sari, dan pemeriksa BPKP Perwakilan Provinsi Banten telah bertemu dengan pengelola PT Taman Sari Kecamatan Kelapa Dua pada 9 Maret 2021 di Taman Sari Lippo Karawaci.

Saat itu, PT Taman Sari menyatakan kesediaannya untuk dilakukan pemeriksaan pajak terutang, sekaligus bersedia membayar hutang pajak apabila ditemukan adanya kewajiban utang pajak. (*/nurdin)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp