DaerahEkonomi & BisnisTangerang
Trending

PLN Peduli Beri Bantuan untuk Kelompok Budi Daya Lele di Tangerang

TANGERANG, BANTEN RAYA – PT PLN (Persero) UID Banten berkomitmen untuk terus memberikan kontribusi nyata untuk mendorong pemberdayaan kelompok masyarakat dalam berbagai sektor usaha. Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang bertajuk PLN Peduli, PLN UID Banten memberikan bantuan senilai Rp70 juta untuk budi daya ikan lele, di Kampung Pasir Maja, Desa Renged, Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang, Banten.

Tidak hanya memberikan bantuan dana, PLN UID Banten juga meresmikan “Kampung Lele Bersinar” atau kampungnya para pembudi daya ikan lele.

“Kampung Pasir Maja di Desa Renged ini adalah kampung para pembudi daya ikan lele, sehingga tepat rasanya kampung ini mendapatkan bantuan tersebut karena masyarakat penerima benar-benar pembudi daya ikan lele, dan dalam satu lokasi kampung sehingga program ini diberi nama Kampung Lele Bersinar,” ungkap Aep Saepudin, Manager PLN UP3 Cikupa.

Pemberian bantuan senilai Rp70 juta rupiah ini terdiri dari bantuan pemberdayaan untuk para pembudi daya ikan lele berupa kolam lele, bibit serta indukan lele dan pelatihan dari olahan lele, serta berupa beberapa mesin untuk membantu memudahkan kelompok tersebut.

“Kami berharap bantuan yang disalurkan dapat menjadi manfaat tidak hanya komunitas peternak lele namun untuk seluruh masyarakat di Desa Renged. Dan tentunya semoga bantuan ini bisa meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Renged,” lanjut Aep.

Hery Heryanto, ASDA 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Tangerang, yang turut hadir dalam peresmian tersebut, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Kampung Lele Bersinar merupakan program yang sangat bagus dan sebaiknya terus didampingi sampai benar-benar berhasil dan terus menyebar manfaat.

“Harapannya Kampung Lele Bersinar dari PLN ini bisa menjadi percontohan satu kampung yang fokus dengan usaha perikanan bisa membuat masyarakat terus meningkat dari sisi kesejahteraan ekonominya. Pemerintah Kabupaten Tangerang sangat mendukung program-program seperti ini, semoga semakin banyak lagi yang menerima manfaatnya,” ujar Hery.

Salah satu wakil dari kelompok budidaya lele Jawara Sangkuriang, Helmi, mengatakan bahwa pembudidaya lele yang ada di masyarakat secara mengelompok dan lebih fokus kepada pemijahan atau pembibitan baru ada di Kampung Pasir Maja.

BACA JUGA: Laba Bersih PLN Teraudit Naik 38,6 Persen, Bukti Transformasi Berada pada Jalur yang Tepat

“Alhamdulillah kami diberi kepercayaan dan menerima bantuan dari PLN UID Banten untuk mengembangkan usaha kami di kelompok budidaya ikan lele Jawara Sangkuriang Bersinar. Semoga kami bisa memenuhi dan memperluas area dan jaringan pembudidaya lele yang berfokus kepada pembesaran. Sehingga ke depannya Kampung Pasir Maja bisa lebih dikenal sebagai sentra pemijahan ikan lele dan mampu menyuplai kebutuhan benih kepada para peternak lele secara meluas,” ungkap Helmi mewakili kelompok Jawara Sangkuriang Bersinar.

Saksikan Podcast Meja Redaksi di Banten Raya Channel

“Tak lupa kami mengucapkan berjuta terima kasih kepada PLN yang telah membantu kami, memberikan bantuan berupa kolam yang kami buat ada total 50-an kolam, paling banyak kolam untuk pemijahan, lalu ada pelatihan olahan lele untuk ibu-ibu di sini serta beberapa mesin pendukung lainnya,  semoga PLN terus jaya, memberikan manfaat dan pelayanan terbaik kepada masyarakat Indonesia,” tutup Helmi.

Peresmian Kampung Lele Bersinar di Kampung Pasir Maja dihadiri oleh DR. Hery Heryanto, ASDA 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Tangerang, Retno, Kasubag Pemberdayaan Dinas Perikanan, M Epi Supriyatna, Camat Kresek, Wawan Kades, Helmi Herlambang dari Kelompok Jawara Sangkuriang serta Aep Saepudin, Manager PLN UP3 Cikupa. (*/tohir)

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp