DaerahPemprov Banten
Trending

Terima 61 Hewan Kurban, Sekda Banten Pimpin Pemotongan di Masjid Raya Al Bantani

SERANG, BANTEN RAYA- Pemprov Banten melaksanakan pemotongaan hewan kurban pada Hari Raya Idul Adha 1442 H di Masjid Raya Al Bantani, (KP3B), Curug, Kota Serang, Rabu (21/7/2021).  Sekretaris Daerah Provinsi Banten Al Muktabar memimpin langsung pemotongan hewan kurban Pemprov Banten.

Berdasarkan keterangan tertulis yang diterima bantenraya.com, Masjid Raya Al Bantani pada Hari Raya Idul Adha 1442 H menerima dan menyalurkan hewan kurban. Rinciannya, 55 ekor sapi,  1 ekor kerbau, dan 5 ekor kambing.

Hewan kurban berasal dari Presiden RI Joko Widodo sebanyak 3 ekor sapi. Kemudian dari Gubernur Banten Wahidin Halim (WH), Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy serta Sekretaris Daerah Al Muktabar masing-masing sebanyak 1 ekor sapi.  Selain itu, hewan kurban di Mesjid Raya Al Bantani berasal  Organisasi Perangkat Daerah (OPD) hingga Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi Banten.

Dalam pelaksanaannya, pemotongan hewan disebar di 6 titik. Untuk pemotongan hewan kurban di Masjid Raya Al Bantani sebanyak 18 ekor sapi, 1 ekor kerbau dan 2 ekor kambing. Pemotongan dan pendistribusian hewan kurban dilaksanakan pada hari yang sama.

BACA JUGA: Pemkot Cilegon Potong 15 Sapi dan 2 Kambing, Daging Dibagikan ke Honorer dan Warga

Ketua Panitia Kurban Masjid Raya Albantani Deni Rusli mengatakan, hewan kurban yang terkumpul di Panitia Kurban Masjid Raya Al Bantani merupakan kurban dari Presiden, Gubernur dan Wakil Gubernur Banten dan OPD di lingkup Pemprov Banten. Sebelum pemotongan, dilaksanakan serah terima hewan kurban.

Hewan kurban dari Presiden Jokowi diserahkan secara simbolis oleh utusan Kementerian Pertanian Republik Indonesia.  Sedangkan hewan kurban dari Gubernur Banten, Wakil Gubernur Banten, Sekda Banten dan OPD di lingkungan Pemprov Banten diserahkan secara simbolis oleh Sekda Al Muktabar kepada DKM Mesjid Raya Al Bantani.

“Adapun distribusi daging kurban diperuntukan untuk mustahik masyarakat sekitar Masjid Raya Al Bantani. Kemudian ormas, DKM, pondok pesantren, yayasan, petugas keamanan, dan pramubakti Masjid Raya Al Bantani,” ujarnya.

Saksikan Podcast Meja Redaksi di Banten Raya Channel

Terkait dengan pelaksanaan pemotongan hewan kurban, kata Deni, sesuai dengan tata cara penyembelihan hewan kurban Kementerian Agama. Lalu juga ketentuan pemotongan hewan kurban pada masa pandemi Covid-19 di luar rumah potong hewan (RPH) Dinas Pertanian Provinsi Banten.

Deni menegaskan, proses pemotongan hewan kurban dilaksanakan dengan menjalankan protokol kesehatan yang sangat ketat, yaitu menjaga jarak fisik, penetapan higiene dan sanitasi, pemeriksaan kesehatan hewan awal, dan penetapan higiene personal. (*/dewa)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp