DaerahPemprov Banten
Trending

Tetap Waspada, Periode Potensi Cuaca Ekstrem di Banten Belum Berlalu

SERANG, BANTEN RAYA – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat 94 persen dari 342 zona musim di Indonesia memasuki puncak musim hujan pada Januari dan Februari 2021. Berdasarkan kondisi tersebut, masyarakat diminta terus meningkat kewaspadaan akan potensi cuaca ekstrem. Banten sendiri masuk dalam provinsi penerima peringatan dini akan potensi tersebut.

Koordinator Bidang Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Klas 1 Tangerang Urip Setiyono mengatakan, analisis BMKG menunjukkan bahwa kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil dalam beberapa hari ke depan dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia. Kondisi tersebut diperkuat oleh aktifnya gelombang rossby ekuatorial dan gelombang kelvin di wilayah Indonesia. 

“Selain itu, munculnya pusat tekanan rendah di Australia bagian utara mendorong terbentuknya belokan maupun pertemuan. Kemudian perlambatan kecepatan angin (konvergensi) yang mengakibatkan meningkatnya potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah Indonesia,” ujarnya, Sabtu (30/1/2021).

Ia mengungkapkan, berdasarkan kondisi tersebut, BMKG memprakirakan dalam beberapa hari ke depan berpotensi terjadi curah hujan dengan intensitas lebat. Fenomena itu dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sejumlah provinsi. BMKG pun mengeluarkan peringatan dini waspada potensi cuaca hingga 2 Februari mendatang.

“94 persen dari 342 zona musim di Indonesia memasuki puncak musim hujan pada Januari dan Februari 2021. 28 provinsi saat ini mendapat peringatan dini potensi cuaca ekstrem, itu termasuk Banten salah satunya,” katanya.

Terkait hal tersebut, masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan. Seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin.

Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam.

“Informasi bisa diakses di https://signature.bmkg.go.id, follow media sosial @infoBMKG. Atau melalui aplikasi iOS dan android “Info BMKG dan dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat,” tuturnya. (dewa)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp