DaerahPendidikan
Trending

Untirta Jadi Tuan Rumah Peringatan Hari Buku Nasional 2021

SERANG, BANTEN RAYA- Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) akan menjadi tuan rumah peringatan Hari Buku Nasional 2021. Hal tersebut terungkap dalam kunjungan pengurus Ikatan Penerbit Indonesia (IKAPI) ke Untirta, belum lama ini.

Ketua Umum IKAPI Arys Hilman Nugraha mengatakan, ada beberapa alasan Banten layak menjadi tuan rumah dalam peringatan Hari Buku Nasional. Pertama, Banten dikenal sebagai tempat kelahiran penulis termasyhur, Syech Nawawi Al-Bantani yang menulis ratusan buku termasyur dan agung yang menjadi rujukan. 

Kedua, Pemprov Banten yang menaruh perhatian tinggi terhadap literasi, pejabat yang memiliki karya berbentuk buku dan perpustakaan di Banten yang peduli terhadap koleksi karya bermutu. 

Related Articles

Masih menurut Arys alasan lainnya banyak dari para pegiat literasi yang sangat aktif dan berpengaruh di kancah Nasional dan pernah mendapatkan penghargaan Ikapi Award. 

“Ada Firman Venayaksa yang pernah dapat penghargaan literacy promoted tahun 2019 dan Gol A Gong satu dekade sebelumnya,” katanya.

Ia mengaku, Banten termasuk provinsi yang sangat aktif dalam penerbitan. Hal itu bisa dilihat pada pengajuan ISBN ke Perpustakaan Nasional. Dari alasan-alasan itulah, IKAPI menganggap bahwa Banten dapat dipercaya menjadi tuan rumah Hari Buku Nasional yang dirayakan setiap 17 Mei di Indonesia.

Senada disampaikan Ketua IKAPI Banten Andi Suhud Trisnahadi, pemilihan Banten sebagai tuan rumah Hari Buku Nasional 2021 adalah sebuah kepercayaan yang langka dan patut diapresiasi. (satibi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp