DaerahKesehatanPemprov Banten

Vaksinasi di Banten Dilakukan Empat Tahap, Masyarakat Umum Dimulai April 2021

SERANG, BANTEN RAYA – Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Banten menjadwalkan pelaksanaan vaksin Covid-19 di Banten dilakukan sebanyak empat tahap. Dua tahap awal diperuntukkan bagi tenaga kesehatan (nakes) dan petugas pelayanan Covid-19. Sementara masyarakat umum baru akan divaksin di tahap tiga dan empat yang dimulai pada April 2021.

Kepala Dinkes Provinsi Banten Ati Pramudji Hastuti mengatakan, untuk waktu vaksinasi di Banten akan dilakukan hingga empat tahap. Tahap pertama dilakukan Januari-April 2021 untuk nakes. Selanjutnya tahap kedua dilakukan untuk petugas lapangan yang menangani pandemi Covid-19 sebanyak 2 juta vaksin.

“Dan tahap ini juga dibulan Januari-April pelaksanaan vaksinasinya. Tahap ketiga itu baru untuk masyarakat yang rentan sosial ekonomi dan lainnya,” ujarnya, Selasa (5/1/2021).

Selanjutnya, tahap ketiga direncanakan pada April 2021 sampai Maret 2022 yang diperuntukkan bagi masyarakat umum. Lalu tahap keempat dilakukan terhadap seluruh masyarakat yang dipilih berdasarkan tingkat kerentanan sosial dan ekonomi. “Misalkan dia ekonominya susah, divaksin dulu. Vaksinasi di Banten dilakukan di 708 titik pelayanan kesehatan,” ujarnya.

Untuk pemberitahuan vaksinasi sendiri akan diinformasikan melalui layanan pesan singkat atau SMS berdasarkan data yang tersimpan oleh pemerintah pusat. Selain layanan tersebut, data sasaran vaksin bisa diakses melalui aplikasi PeduliLindungi yang saat ini sementara hanya diperuntukkan bagi nakes.

“Nanti kita dapatnya dimana bergantung kepada SMS yang kita dapat. Anda terjadwal di Puskesmas ini, harap datang jam segini. Ini untuk apa pakai ini biar tidak terjadi penumpukan,” tuturnya. (dewa)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp