Ekonomi & Bisnis
Trending

Antisipasi Pandemi, FIFGroup dan 4 Lembaga Astra Luncurkan Dana Bergulir untuk 588 UMKM

JAKARTA – PT Federal International Finance (FIFGroup) meluncurkan dana bergulir untuk 588 usaha mikro kecil menengah (UMKM) senilai Rp 1,666 miliar di 242 titik se-Indonesia, Jumat (25/3). Kegiatan yang dirangkaikan dengan Webinar bertajuk “Kolaborasi Pembinaan dan Pengembangan UMKM” bersama empat lembaga Astra yaitu Environment and Social Responsibility (ESR) PT Astra International Tbk, Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), Yayasan Pendidikan Astra – Michael D. Ruslim (YPA – MDR) dan Yayasan Astra Honda Motor (YAHM) ini bertujuan untuk membantu UMKM yang terdampak pandemi.

Acara dibuka dengan opening speech dari Chief Executive Officer (CEO) FIFGroup Margono Tanuwijaya, dan Chief of Corporate Affairs PT Astra International Tbk Riza Deliansyah.

”Program Dana Bergulir dalam Pilar Pemberdayaan Masyarakat ini sejalan dengan filosofi Catur Dharma Astra, Corporate Affairs Policy PT Astra International Tbk serta Corporate Strategy FIFGroup, di mana kita harus senantiasa berusaha mencapai yang terbaik dan menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara. Mari kita dukung para pelaku usaha yang mau maju untuk mengembangkan usahanya dengan memberikan berbagai pelatihan bagi UMKM dengan daerah pengembangan UMKM dan program lainnya,” tutur Margono.

Margono meminta semua pihak mendukung program pengembangan UMKM untuk Indonesia apalagi dalam kondisi pandemi ini. “Pada akhirnya kita harus yakin dan bangga atas hasil karya dari anak-anak negeri ini, yang kreatif dan mampu bersaing dan berkontribusi secara positif dan menjadi andalan dan penyelamat ekonomi bangsa,” kata dia.

Riza mengatakan, grup Astra terutama FIFGroup juga mengalami kesulitan karena nilai penjualan otomotif yang relatif rendah. Akan tetapi, hal tersebut tidak menjadi kendala bagi FIFGroup untuk terus menjalan program kewirausahaan dengan memberikan pinjaman dana bergulir bagi UMKM yang sangat membutuhkan terutama di masa pandemi ini.

“Hal tersebut menunjukkan bahwa FIFGroup berkomitmen untuk terus membantu UMKM menuju UMKM yang mandiri dan sejahtera meskipun di masa-masa sulit,” ujarnya.

Acara kick off yang dihadiri oleh lebih dari 900 peserta, ditutup dengan penandatangan Memorandum of Understanding (MOU) antar 5 lembaga.

Penyerahan bantuan di FIFGroup Cabang Tangerang 2 (Balaraja) dilakukan oleh Kepala Cabang (Branch Manager) T. Hari Putra Sulistiyono kepada Suryani, pemilik UMKM “Warung Nasi Uduk Bu Yani” yang bergerak di bidang kuliner, dan kepada Fatimah, pemilik UMKM “Mie Ayam Bakso Ais” yang juga bergerak di bidang kuliner berlokasi di Kantor Cabang FIFGroup Tangerang 2 (Balaraja). (*/fikri)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp