DaerahEkonomi & BisnisPemprov Banten
Trending

Bapenda Banten Luncurkan Aplikasi GANAS untuk Penerimaan PBBKB

SERANG, BANTEN RAYA – Pemerintah Provinsi Banten melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi Banten meluncurkan Aplikasi Gas, Nafta dan Solar (GANAS). Aplikasi tersebut diluncurkan sebagai bentuk transparansi dan percepatan penyelenggaraan pemungutan Pajak Daerah di wilayah Provinsi Banten khususnya Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (PBBKB).

Kepala Bidang Pendapatan Pajak Daerah pada Bapenda Provinsi Banten Ahmad Budiman mengatakan, Aplikasi GANAS dibuat untuk mempermudah stakeholder Pajak Daerah Provinsi Banten dalam mengakses realisasi penerimaan PBBKB serta estimasi alokasi bagi hasil PBBKB. Baik dari jenis Bahan Bakar Gas, Nafta (RON) dan Solar (CN) yang telah di distribusikan ke wilayah Kabupaten dan Kota di seluruh wilayah Provinsi Banten.

 

Menurutnya, Bapenda Provinsi Banten terus melakukan pengembangan dan terobosan dalam hal mempermudah pembayaran pajak. “Bagi Stakeholder Pajak Daerah dapat mengunduh Aplikasi GANAS tersebut melalui Google Play Store pada jenis  smartphone,” ujar Budi Selasa, (15/6/2021).

Budi menjelaskan, melalui aplikasi ini diharapkan Pemerintah Kabupaten/Kota bisa ikut berpartisipasi dalam upaya intensifikasi penerimaan PBBKB yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Banten, mengingat penerimaan PBBKB secara berkala dibagihasilkan kepada Pemerintah Kabupaten/kota sebesar 70 persen dari penerimaan PBBKB.

BACA JUGA : Bayar Pajak Kendaraan Tak Harus ke Loket, Bisa Melalui Minimarket Sampai Agen Keuangan Digital

Dukungan Pemerintah Kabupaten/kota dapat dilakukan melalui kegiatan sosialisasi kepada masyarakat di wilayah masing-masing dan kegiatan monitoring serta pendataan bahan bakar kendaraan bermotor yang terdistribusi di wilayah Kabupaten/kota masing-masing. Sehingga dapat meningkatkan penerimaan PBBKB yang secara langsung berdampak kepada penerimaan bagi hasil Pajak Daerah.

Saksikan Podcast Meja Redaksi di Banten Raya Channel

Menurutnya, peningkatan pendapatan sektor pajak semata-mata dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Provinsi Banten. Uang pajak yang dipungut dari masyarakat pada akhirnya digunakan membiayai berbagai pembangunan pro rakyat, mulai dari infrastruktur, kesehatan, pendidikan dan lain-lain.

“Kami berharap kepada masyarakat Banten untuk membeli bahan bakar kendaraan bermotor diwilayah Provinsi Banten. Jadi kalau beli bahan bakar jangan di luar Banten,”ujarnya. (Adv)

Related Articles

Back to top button