Ekonomi & Bisnis
Trending

Buat Meja Belajar dari Rumah, PD Sinar Cikerai Cilegon Raup Omzet Sampai Rp200 Juta

CILEGON, BANTEN RAYA – PD Sinar Cikerai yang terletak di Lingkungan Ciputri, Kelurahan Cikerai, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon berhasil meraup omzet Rp200 juta dalam enam bulan. Perusahaan yang tadinya hanya mengerjakan kusen pintu dan jendela ini banting setir melayani pembuatan meja belajar dan furnitur kafe di tengah pandemi Covid-19.

Pemilik PD Sinar Cikerai Humaedi menjelaskan, tidak setiap waktu ia mendapatkan pesanan untuk kusen, pintu, dan jendela. Ada waktu-waktu dimana sulit sekali ia mendapatkan pesanan. Hal ini yang kemudian disiasati agar toko panglong dapat terus berjalan.

Di tengah pandemi ia melihat peluang dimana para siswa belajar dari rumah. Ia coba memanfaatkan potongan kayu yang masih layak digunakan agar tidak terbuang dengan sia-sia, dengan membuat meja belajar. “Kondisi pandemi ini, saya coba berinovasi pada hal-hal kecil seperti pembuatan meja belajar,” kata Humaedi saat ditemui di PD Sinar Cikerai, Selasa (2/3).

Lebih lanjut ia mengatakan, sulit sekali berkembang jika usaha yang dikerjakan cenderung monoton. Perlu sesekali dalam dunia usaha melakukan inovasi baru dan dalam hal ini ia coba membuat meja untuk belajar dan meja untuk kafe.

Kayu yang ia gunakan tergantung permintaan. Biasanya permintaan konsumen menggunakan kayu bayur, kayu laban dan kayu jati. “Awalnya saya hanya membuat tiga contoh meja belajar untuk dipajang. Kemudian orang lihat, suka, dan mulailah ada pesanan,” katanya. (mg-predy)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp