Ekonomi & Bisnis
Trending

KFC dan Divers Clean Action Bersihkan Pantai Pagedongan di Pandeglang

JAKARTA – KFC Indonesia bersama Divers Clean Action melaksanakan kegiatan Marine Debris Ranger (MDR) di Provinsi Banten, tepatnya di Pantai Pagedongan, Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, pekan kemarin.

Kegiatan yang juga dilaksanakan di beberapa wilayah Indonesia lain yakni di Aceh, Jambi, Nusa Tenggara Barat, dan Sulawesi Utara ini fokus pada upaya melestarikan lingkungan seperti membersihkan pantai dan sungai, edukasi ke sekolah maupun warga setempat, pelatihan pengolahan sampah, serta melakukan sampling sampah ke rumah-rumah warga setempat.

Program Marine Debris Ranger di Provinsi Sulawesi Utara pada Maret 2020 lalu dan sempat tertunda karena pandemi Covid-19.

“Kami berharap melalui program ini masyarakat dapat tergerak untuk turut memberikan kontribusi positif kepada lingkungan bumi pertiwi dengan melakukan langkah kecil seperti pemilahan sampah dan mengelolanya bahkan menjadi sebuah produk yang bernilai tambah,” kata Hendra Yuniarto, General Manager Marketing PT Fast Food Indonesia Tbk dalam keterangan tertulis kepada Banten Raya, Jumat (19/2).

Hendra mengungkap latar belakang kegiatan ini. Salah satunya adalah survei Pusat Penelitian Oseanografi dan Pusat Penelitian Kependudukan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tahun 2020 yang menemukan bahwa selama masa pembatasan sosial kegiatan masyarakat dan kebijakan bekerja dari rumah berlangsung, terjadi peningkatan jumlah sampah rumah tangga dengan mayoritas sampah plastik, selotip, dan bubble wrap.

“Data dari survei LIPI tersebut mengungkap kurangnya aksi dari masyarakat terhadap masalah sampah walaupun tingkat kesadaran warga cukup tinggi terhadap isu sampah plastik. Berdasarkan hasil survei ini, KFC Indonesia dan DCA merasa semakin tergerak untuk tetap menjalankan program MDR walaupun masih berada di tengah pandemi.Untuk itu, kegiatan ini senantiasa mengikuti protokol kesehatan ketat,” kata dia.

Swietenia Puspa Lestari, Penggagas dan Direktur Eksekutif Divers Clean Action berharap program itu bisa mengedukasi masyarakat dengan cakupan yang lebih luas agar pengelolaan sampah dapat lebih maksimal serta menekan jumlah produksi sampah ke depan.

“Kegiatan yang kami lakukan selama masa pandemi ini tentunya selalu menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran Pemerintah seperti menggunakan masker, mencuci tangan dan menjaga jarak. Kami juga membatasi jumlah relawan yang mengikuti kegiatan ini di setiap wilayah, dan menyesuaikan jumlah relawan dengan luas wilayah atau kebutuhan per wilayah,” katanya. (*/fikri)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp