Ekonomi & Bisnis
Trending

Mahasiswa FEB Universitas Al Khairiyah Bantu Masyarakat Hitung SPT Tahunan

CILEGON, BANTEN RAYA – Tax Center Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Al Khairiyah (Unival) bersama Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Banten menggelar Pelatihan Relawan Pajak untuk mahasiswa Al Khairiyah. Kegiatan ini dilakukan untuk membekali mahasiswa agar mampu membantu dan melayani masyarakat dalam menghitung pajak.

Ketua Tax Center Fakultas Ekonomi Bisnis Universitas Al Khairiyah Erlina Sari Pohan menjelaskan, kegiatan ini sudah berlangsung sejak Rabu (17/2) dan akan berlangsung sampai Senin (22/2) mendatang.

Ia mengatakan, ini merupakan tahun kedua Tax Center FEB Universitas Al Khairiyah melaksanakan pelatihan. Setelah dilatih, para mahasiswa akan diterjunkan ke lapangan untuk membantu masyarakat menghitung SPT tahunan.

“Mereka (mahasiswa) selain dibekali ilmu untuk mengisi SPT tahunan, dan bagaimana cara melaporkannya, juga mereka harus tau (mempelajari) ilmu cara berkomunikasi dengan wajib pajak itu seperti apa,” ungkapnya ditemui di Unival di Kota Cilegon, Kamis (18/2/2021). Ia juga mengatakan, kegiatan pelatihan ini akan digelar secara rutin setiap tahun sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat.

Selain pelatihan, kata Erlina, pihaknya juga sedang menjalankan program edukasi perpajakan yang berfokus pada sosialisasi pentingnya membayar pajak. Sebagai salah satu contoh, dengan menyisipkan edukasi pentingnya pajak pada mata kuliah umum. “Kami coba menyisipkan sedikit edukasi tentang pentingnya pajak (kepada mahasiswa) untuk negara,” imbuhnya.

Sosialisasi ke depan akan dibuat dengan tema beragam agar masyarakat memahami pentingnya membayar pajak untuk pembangunan.

“Masyarakat lebih kepada tidak paham bagaimana caranya melapor SPT Tahunan. Maka dari itu kami berencana mengadakan sosialisasi perpajakan. Dengan harapan, semakin mereka (masyarakat) paham, semoga kesadaran untuk membayar pajaknya juga tinggi.” (mg-predy)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp