Ekonomi & Bisnis
Trending

Menikmati Ungkepan Puyuh RM Puyuh Jeng Retna, Gurih dan Rendah Kolesterol

CILEGON, BANTEN RAYA – RM Puyuh Jeng Retna yang berada di Jalan H Umar Temu Putih, Kelurahan Ciwaduk, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon kini menjadi rumah produksi ungkepan aneka jenis unggas seperti puyuh, ayam pejantan, ayam kampung dan bebek.

Owner RM Puyuh Jeng Retna Banten Retna Yulrosly Ningtias mengatakan, salah satu jenis unggas yang kini menjadi favorit konsumen yaitu burung puyuh. Karena selain rendah kolestrol, burung ini juga kaya akan protein, sehingga bagus untuk pertumbuhan.

“Kolesterolnya rendah proteinnya tinggi, dan salah satu manfaatnya menguatkan tulang dan menjaga kesehatan mata,” kata Retna Yulrosly Ningtias kepada Banten Raya saat ditemui di rumah produksinya, Senin (15/3).

Ia melanjutkan, terkadang masyarakat salah menilai bahwa burung puyuh memiliki kolestrol yang tinggi. Padahal yang tinggi kolestrol itu justru telurnya bukan dagingnya. Bahkan menurutnya, orang hamil bagus mengkonsumsi burung puyuh karena tinggi proteinnya.

Selain menjaga kesehatan mata, dan menguatkan tulang, manfaat lain mengkonsumsi daging burung puyuh ini yaitu menjaga kesehatan kulit, karena tidah hanya vitamin A dab B saja yang terkandung di dalam burung puyuh, namun juga kandungan vitamin E.

Manfaat lainnya yaitu dapat mengatasi gangguan sistem pernapasan, memperbaiki jaringan tubuh, meningkatkan kekebalan tubuh, mengatasi masalah pada sistem pencernaan, mengatasi anemia, mencukupi kebutuhan energi, menjaga kesehatan jantung dan memberikan nutrisi pada otak.

“Untuk burung puyuh ungkep (mentah) satu bungkus ada 5 ekor itu kita jual di kisaran Rp60.000 – Rp65.000 sudah ada sambel dan krispinya, sedangkan yang matang Rp14.000 – Rp15.000 per ekor,” kata Retna.

Selain burung puyuh, ayam bakar madu juga menjadi favorit di tempatnya.
Untuk ayam bakar madu matang yang pejatan ia banderol dengan harga Rp55.000 per ekor, sedangkan ayam broiler (ukurannya lebih besar) itu ia jual dengan harga Rp65.000. “lebih laku ayam pejantan, karena dagingnya lebih enak,” imbuhnya.

Ia juga menyediakan makanan frozen yang memiliki ketahanan hingga satu bulan dan juga makanan dalam bentuk katering. Untuk katering ia sediakan paket mulai dari Rp15.000. Untuk menu paket ini yaitu nasi, ayam, tempe goreng, lalapan dan sambal. Adapun untuk menu lain seperti ayam bakar, ayam goreng, ikan bakar, lele krispi, puyuh goreng, dan puyuh bakar itu tergantung pemesanan.

“Sejak pandemi semua penjualan berbasis online dan rumah saat ini digunakan sebagai tempat produksi,” imbuhnya.

Bahkan saat ini sistem penjualan pun ia menggunakan media online seperti Facebook dan Whatsapp. Namun pemesanan lebih banyak menerima melalui Whatsapp, mulai dari pemesanan hingga pengiriman.

Untuk pengiriman ia melakukan kerjasama dengan Gojek dan Kirimiku. Hal ini dilakukan untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19. (mg-predy)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp