DaerahEkonomi & Bisnis
Trending

Menolak Menyerah, Pelaku Ekraf Banten Siap Bangkit

SERANG, BANTEN RAYA – Ekonomi kreatif (ekraf) dan industri kreatif telah menjadi tulang punggung ekonomi Indonesia selama beberapa tahun terakhir ini dan selalu hangat dibicarakan baik oleh pemerintah, swasta maupun pelaku sendiri.

Penggagas Forum Ekonomi Kreatif Banten Andi Suhud menjelaskan, para pelaku ekraf di Banten merasa tidak memiliki perlindungan dan kepastian secara hukum dan regulasi. Padahal pemerintah pusat berusaha mendorong pertumbuhan ekraf sebagai solusi untuk pemulihan ekonomi nasional akibat dampak pandemi Covid-19.

“Untuk itu perlu dilakukan kegiatan bersama dan tak biasa untuk menyelaraskan soal ini,” kata Andi, Kamis (17/6/2021).

Andi mengatakan, kontribusi ekraf cukup tinggi pada produk domestik bruto PDB perekonomian nasional. Sektor industri kreatif di Indonesia memberikan kontribusi pada perokonomian dengan angka cukup signifikan. Hal tersebut dapat dilihat pada 2012, di mana industri kreatif memberikan kontribusi terhadap PDB yang mencapai Rp574 triliun atau sekitar 7 persen, dengan menyerap tenaga kerja sebesar 3,8 juta tenaga kerja. Namun hal ini tidak cukup mendapat perhatian dari pemerintah.

BACA JUGA: Ekonomi Banten Triwulan I 2021 Minus 0,39 Persen

“Karena itu ekonomi kreatif perlu didukung agar lebih berkembang dan lebih maju, khususnya di Provinsi Banten,” ujar Andi.

Toang Izken, salah seorang pelaku ekraf di Banten mengungkapkan, guna membicarakan masalah ekonomi krwatif di Banten, maka akan digelar acara Creative Leaders. Acara ini akan diselenggarakan setiap hari Minggu selama sepuluh minggu ke depan.

Ia mengaku sudah mempersiapkan dan melakukan kurasi untuk menampilkan tokoh-tokoh inspiratif di Banten yang disebut “the leaders”.

“Mereka akan tampil bergiliran selama 10 episode, tempatnya di Cafe Umakite Kota Serang,” katanya.

Influencer kocak, Mang Ovi atau yang dikenal dengan nama Rambo Banten menambahkan, program Creative Leaders merupakan obrolan interaktif yang membahas isu seputar ekonomi kreatif yang digagas oleh FEKRAF BANTEN melalui aktivitas “Interactive Talks Creative Issue” yang dikemas dalam bentuk talkshow mingguan. 

Acara tersebut bertujuan menyatukan semua elemen dalam Ekonomi Kreatif dengan bergotong royong membangun Ekonomi Banten yang kuat dan mampu meningkatkan kemampuan pelaku ekraf.

Saksikan Kegiatan Reses Anggota DPRD Provinsi Banten di Banten Raya Channel

“Kami berharap Creative Leaders dapat terus berkembang sebagai ruang diskusi dan ruang eksekusi dalam berinovasi membangun ekonomi kreatif di Provinsi Banten, sesuai dengan tagar yang kami usung #kamiterusbergerak,” kata Rambo.

Informasi lebih jelas terkait informasi acara bisa dilihat di akun Instagram Fekraf Banten, akun Influencer Banten atau media partner, salah satunya Banten Raya. (tohir)

 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp