DaerahEkonomi & BisnisPemprov Banten
Trending

Perkuat Perekonomian, Bank Banten Usung Konsep EKD dengan Menggandeng Petani dan Nelayan

SERANG, BANTEN RAYA- Bank Banten kini tengah fokus untuk memperkuat ekosistem keuangan daerah. Salah satu upayanya adalah dengan menggandeng para petani dan nelayan dalam upaya membangun perekonomian di Provinsi Banten.

Demikian disampaikan Direktur Utama Bank Banten Agus Syabarrudin pada acara halal bihalal INTANI DPW Banten di Ruang Serbaguna Sitandu Banten, Kota Serang, Selasa (8/6/2021).

Dalam kesempatan itu, Agus memaparkan sebuah konsep yang diusungnya yaitu ekosistem keuangan daerah (EKD) yang menggabungkan peranan antara Pemerintah, Bank, dan kreditur.

Dalam konsepnya, pertanian, khususnya padi, merupakan salah satu elemen penting dalam pembangunan ekonomi Provinsi Banten. Namun kondisi pandemi yang tengah melanda saat ini memberikan dampak yang signifikan kepada para petani. Terlebih lagi petani yang memasuki musim tanam, secara rutin diterpa berbagai masalah.

“Mulai dari ketidakstabilan harga hasil panen, distribusi yang terhambat dan kebutuhan akan stimulus dari pemerintah. Untuk membantu meringankan beban petani, Bank Banten hadir dengan mengusung konsep EKD,” ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima bantenraya.com, Selasa (8/6/2021).

Mantan Direktur Utama Bank Kalimantan Selatan itu menuturkan, skema bertajuk EKD, merupakan perwujudan peran bank daerah dalam mendukung pengelolaan keuangan daerah agar lebih efektif, efisien dan transparan.

“Sebagai upaya membangun perekonomian di Banten, kami sebagai Bank kebanggaan masyarakat Banten mengusung konsep EKD. Dalam implementasinya perlu sinergi berbagai pihak yang terlibat dalam keuangan daerah, yaitu pemerintah daerah, perangkat daerah, perusahaan daerah & Badan Layanan Umum Daerah (BLUD), lembaga jasa keuangan daerah (bank daerah), dan pihak ketiga,” katanya.

BACA JUGA: Nilai Transaksi Saham Bank Banten Menggeliat

Kehadiran Bank Banten dalam upaya mengembangkan sektor pertanian di Banten, kata dia, diharap dapat menjadikan Bank Banten sebagai bank jawara, jago dan juara melalui pertumbuhan bisnis yang berkesinambungan. Memberikan nilai tambah kepada seluruh nasabah, masyarakat dan para pemangku kepentingan serta mengakselerasi peningkatan pertumbuhan perekonomian Provinsi Banten.

“Karena itu kami mengajak seluruh pemerintah di Banten, baik pemerintah provinsi maupun pemerintah kabupaten/kota untuk bersinergi dengan kami dalam upaya menciptakan ekosistem keuangan daerah. Kemajuan ekonomi Provinsi Banten tentu merupakan mimpi kita bersama. Oleh karena itu, mari kita bergotong-royong mewujudkan mimpi tersebut. Insya Allah niat baik kita untuk Provinsi Banten tercinta dapat diridai Allah,” tuturnya. (*/dewa)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp