Ekonomi & Bisnis
Trending

Rengginang Kang Saif Bendungan Pertahankan Cita Rasa Tradisional, Segini Harganya

CILEGON, BANTEN RAYA – Saiful Iskandar (24), pemuda Lingkungan Cidunak, Kelurahan Bendungan, Kecamatan Cilegon, Kota Cilegon tetap konsisten menggeluti usaha rengginangnya di tengah pandemi Covid-19 yang menghantam dari sisi ekonomi.

Usaha yang ia beri nama Rengginang Kang Saif itu sudah pernah mengirimkan rengginangnya hingga ke Tangerang, Karawang, Medan hingga Aceh. Usaha yang ia mulai dengan kecil-kecilan mendapatkan respons positif dari berbagai kalangan.

“Usaha rengginang ini mulanya adalah ide orang tua, lalu kemudian kita realisasikan bersama keluarga,” kata Saiful kepada Banten Raya saat ditemui di kediamannya, Senin (1/3/2021).

Saat ini ia memproduksi 8 kilogram rengginang per hari dengan menggunakan teknik tradisional. Hal ini dilakukan agar mampu mempertahankan cita rasa pada rengginang yang dibuat.

Di sisi lain, teknik tradisional yang dilakukan cukup sulit. Terutama pada tahap penjemuran. Cuaca yang tidak mendukung bisa menyebabkan tidak sempurnanya proses pembuatan rengginang.

“Saya tetap menjaga sisi tradisional dalam membuat rengginang. Ini dilakukan untuk menciptakan rasa yang khas,” imbuhnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, harga per kilogram rengginangnya dibanderol Rp45.000. Namun sewaktu-waktu dapat berubah apabila harga bahan dasarnya mengalami kenaikan.

Untuk mediator penjualan, ia menggunakan teman-temannya membantu promosi. Dan untuk saat ini permintaan pada rengginang masih berputar pada masyarakat sekitar. (mg-predy)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp