Ekonomi & Bisnis
Trending

Sediakan Pupuk Nonsubsidi, Kios Kawan Petani Tangkap Peluang Sektor Pertanian di Cilegon Selatan

CILEGON, BANTEN RAYA – Kios Kawan Petani yang berada di jalan Lingkar Selatan, Lingkungan Curug Katimaha, Kelurahan Bagendung, Kecamatan Bagendung, Kota Cilegon sediakan pupuk nonsubsidi untuk petani setempat.

Owner Kios Kawan Petani Rudi Iskandar yang kerap dipanggil Bob menjelaskan, awalnya ia hanya menyediakan kebutuhan pupuk untuk kebutuhan pertaniannya sendiri. Kemudian ia melihat peluang dimana wilayah Cilegon bagian selatan merupakan wilayah pertanian.

“Saya menangkap peluang di wilayah Cilegon Kidul (selatan) yang memang mayoritas masyarakatnya bertani,” kata Bob kepada Banten Raya saat ditemui di Kios Kawan Petani, Rabu (3/3).

Ada beberapa produk yang ia sediakan untuk keperluan para petani seperti pupuk, pestisida hingga benih tanaman. Pupuk yang tersedia merupakan pupuk nonsubsidi. Adapun jenis pupuknya yaitu pupuk urea, NPK, phonska dan SP-36. Dan pupuk yang ia jual merupakan pupuk produk dalam negeri.

Adapula jenis pestisida untuk pengendali tanaman seperti fungisida dan herbisida. Fungisida digunakan untuk memberantas jamur. Sedangkan herbisida digunakan untuk mencegah dan mematikan gulma atau tanaman pengganggu seperti alang-alang.

“Alhamdulillah, sampai hari ini produk yang saya jual banyak dibeli masyarakat, itu artinya masyarakat membutuhkan,” kata Bob.

Kios Kawan Petani menyediakan kebutuhan mulai dari menanam hingga penen. Selain kebutuhan pertanian, ia juga menyediakan aneka pakan unggas seperti pur ayam ataupun burung. Adapun pakan burung yang tersedia yaitu seaweed, crumble merah, love bird, kenari, perkutut dan chirpy.

Untuk modal awal yang ia keluarkan saat membuka usaha ini tidak lebih dari Rp50 juta. Dan rencana ke depan ia akan membuat gudang pupuk nonsubsidi. (mg-predy)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp