Ekonomi & Bisnis
Trending

Ultah ke-28, PT Arwana Ceramics Buka Pabrik Baru, dan Produksi Keramik Varian Baru

JAKARTA – Produsen keramik PT Arwana Citramulia Tbk (Arwana Ceramics) menyelesaikan pembangunan pabrik baru Plant 5B di Mojokerto, Jawa Timur.

CEO Arwana Ceramics Tandean Rustandy beserta jajaran komisaris dan direksi perusahaan secara serentak menekan tombol penyalaan mesin kiln Plant 5B untuk menandakan rampungnya proyek ini, sekaligus merayakan HUT ke-28 PT Arwana Citramulia.

Plant 5B akan memproduksi jenis produk baru glazed porcelain tile (porselen) dengan kapasitas produksi sebesar tiga juta meter persegi per tahun. Produk yang akan dihasilkan berukuran 60x60cm ke atas. Sebelumnya Arwana Ceramics hanya memproduksi produk jenis keramik.

Arwana Ceramics juga akan melekatkan merek baru “ARNA” pada produk jenis baru ini, sehingga nantinya akan memiliki tiga brand, yaitu “Arwana”, “UNO” dan “ARNA”.

“ARNA” adalah langkah pertama Arwana Ceramics menuju produksi homogenous tile, langkah ‘naik kelas’ untuk melayani konsumen kelas menengah ke atas. Arwana Ceramics sedang memosisikan diri untuk bersaing langsung dengan produk impor homogenous tile yang selama ini menjadi momok bagi produsen lokal.

CEO Arwana Ceramics Tandean Rustandy dalam keterangan tertulis kepada Banten Raya, Rabu (24/2), mengatakan mengaku bersyukur grafik perusahaan terus meningkat di tengah pandemi.

“Apa yang kita lakukan ini adalah suatu langkah besar, karena dengan apa yang kita produksi saat ini, kita selalu dikatakan jago kandang. Sekarang kita membuat produk yang dapat bersaing secara internasional,” tuturnya.

Tandean menambahkan sebagai bangsa yang telah merdeka 75 tahun, Indonesia secara manufacturing belum dipandang dan hanya dieksploitasi sumber daya alamnya. Arwana Ceramics mencoba menyumbangkan sesuatu kepada bangsa dan negara, mengharumkan nama bangsa sekaligus bertanding di tingkat dunia.

“Dengan segala ketulusan, kesederhanaan, kerendahhatian, Tuhan pimpin kita, dan yang terpenting merah putih terus berkibar di kancah internasional,” katanya.

Adapun dengan keberadaan Plant 5B, Arwana Ceramics kini memiliki total kapasitas terpasang sebesar 64,37 juta meter persegi per tahun.

Pada tahun 2020, Arwana Ceramics meraih laba bersih sebesar Rp323,01 miliar, naik signifikan 49,87 persen dibandingkan hasil 2019 yang tercatat sebesar Rp215,54 miliar. (*/fikri)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp