Ekonomi & Bisnis
Trending

Waduh! Nilai Bantuan Pelaku Usaha Mikro Dikurangi Sampai Setengahnya

SERANG, BANTEN RAYA- Progam bantuan pelaku usaha mikro (BPUM) dari Kementerian Koperasi dan UKM untuk 2021 ini nominalnya menurun. Jika dibandingkan pada 2020 maka nilainya berkurang menjadi setengahnya.

Kepala Disperdaginkop dan UKM Kota Serang Akhmad Zubaidillah mengatakan, pada 2020 Kota Serang dari sebanyak 83 ribu pelaku UMKM yang mendaftar menjadi penerima, hanya 8.200 pelaku UMKM menerima bantuan sebesar Rp2,4 juta program BPUM. 

“Tahun lalu banyak. Tapi, yang menerima hanya 8.200 pelaku UMKM,” kata Zubaidillah, kemarin. 

Ia mengatakan, di 2021 secara nasional Kementerian Koperasi dan UKM mengalokasikan bantuan untuk 12 juta pelaku UMKM. Tiap UMKM mendapatkan Rp1,2 juta. 

“Untuk Kota Serang yang sudah masuk data base 10.800 pelaku UMKM. Paling lambat pendaftaran hari ini,” ucap dia.

Zubaidillah mengaku, pihaknya kini tengah merampungkan data penerima BPUM. Karena itu ia meminta camat dan kelurahan selektif dalam memastikan keberadaan pelaku UMKM. 

“Makanya saya berharap Camat dan Lurah memastikan yang mendaftar bukan pedagang dadakan, bukan pengusaha jadi-jadian,” katanya.

Untuk mengantisipasi hal itu, ia menyebutkan, selain foto kondisi usahanya, syarat calon penerima bantuan yaitu surat keterangan dari pihak kelurahan. Setelah itu, masuk tahap verifikasi di Kecamatan.

“Rekomendasi kelurahan itu penting. Makanya saya minta harus benar-benar,” jelas dia. (harir)

Baca juga 

Ratusan Warga Kota Serang Berjubel Cairkan Bantuan Sosial dari Kemensos

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp