DaerahHukum & Kriminal
Trending

8 Polsek di Wilayah Hukum Polda Banten Tidak Lagi Melakukan Penyelidikan

SERANG, BANTEN RAYA – Delapan Kepolisian Sektor (polsek) di wilayah hukum Polda Banten kini tidak lagi berwenang melakukan penyelidikan perkara pidana. Hal itu tertuang dalam Keputusan Kapolri Nomor Kep/613/III/2021 tentang Penunjukan Kepolisian Sektor Hanya untuk Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat pada Daerah Tertentu.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Banten Raya, adapun delapan polsek yang tidak lagi melakukan penyelidikan ada di empat wilayah, Kabupaten Serang yaitu Polsek Pontang dan Tirtayasa. Kota Cilegon di Polsek Kawasan Pelabuhan Banten dan Polsek Kawasan Pelabuhan Merak.

Kemudian Kabupaten Lebak di Polsek Sobang, Muncang, dan Leuwidamar. Sedangkan untuk Kabupaten Pandeglang yang tidak bisa melakukan penyidikan yaitu Polsek Angsana.

Dalam dokumen tersebut, terdapat beberapa pertimbangan sehingga kebijakan itu diambil. Diantaranya adalah jarak tempuh masyarakat ke Mako Polres kurang dari satu jam perjalanan, baik dengan menggunakan sepeda motor maupun roda empat, dan di wilayah tersebut relatif aman dari gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas).

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi membenarkan, adanya perubahan kedelapan polsek di wilayah Polda Banten yang telah bealih fungsi. Kedepan polsek tersebut hanya memelihara kamtibmas.

“Iya, kedelapan polsek fokus pada pemeliharaan keamanan,” katanya singkat.

Kapolres Serang AKBP Mariyono membenarkan dua polsek jajarannya yaitu Polsek Pontang dan Tirtayasa tidak lagi dibebankan dengan tugas penyidikan perkara di wilayahnya, dan penangan kasus akan langsung di tangani Polres Serang.

“Sesuai perintah Kapolri, Polsek Pontang dan Tirtayasa tidak lagi menjalankan tugas penyidikan. Lebih dititikberatkan pada tugas preemtif dan preventif,” katanya.

Mariyono berharap, polsek sebagai lini terdepan dalam pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat serta pembinaan serta pencegahan, dapat membuat Polri lebih dekat dengan masyarakat.

“Sesuai arahan pimpinan, sebagai lini terdepan, kami harapkan sosok polsek lebih dekat dengan masyarakat. Karena mereka melakukan upaya-upaya yang bersifat pemeliharan kamtibmas dan mengayomi masyarakat,” tandasnya. (darjat)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp