DaerahHukum & Kriminal
Trending

Jangan Mudah Titipkan Anak pada Orang Lain, Ini Bahaya yang Mengintai

SERANG, BANTEN RAYA – Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Provinsi Banten mengimbau masyarakat agar tidak mudah percaya dan menitipkan anak-anak kepada orang lain. Kasus kekerasan pada anak yang viral di Tangerang harus menjadi perhatian pada orang tua atau keluarga agar tidak mudah menitipkan anak kepada orang lain.

Ketua LPA Provinsi Banten Uut Lutfi mengatakan, akhir-akhir ini tidak sedikit kasus penganiayaan terhadap anak yang dilakukan oleh orang yang dikenal korban atau yang dikenal oleh keluarga korban terjadi. Oleh karena itu, ia meminta masyarakat agar tidak mudah percaya pada orang lain apalagi menitipkan anak kecil kepada mereka.

“Edukasi dan pengawasan perlu ditingkatkan agar kita tidak mudah untuk menitipkan anak ke orang lain,” kata Lutfi, Selasa (16/3/2021).

Lutfi juga mengungkapkan, atas nama LPA Provinsi Banten dan LPA Kabupaten Tangerang ia mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang telah melaporkan kasus kekerasan terhadap anak ke pihak kepolisian. Pihaknya juga mengucapkan juga terima kasih kepada kepolisian yang sudah tanggap dan sigap mengamankan tersangka.

Dalam kasus ini tersangka dapat dijerat dengan Pasal 80 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2015 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Apabila anak tersebut mengalami luka ringan maka tersangka dapat dikenai Pasal 80 Ayat 1 dengan ancaman pidana paling lama 3 tahun 6 bulan dan/atau dengan paling banyak Rp72.000.000.

Namun apabila mengalami luka berat maka dikenai Pasal 80 ayat 2 yaitu dengan ancaman pidana paling lama 5 (lima) tahun dan/atau denda paling banyak Rp100.000.000.

Sekretaris LPA Provinsi Banten Hendri Gunawan mengatakan, kemarin Tim LPA Kabupaten Tangerang bersama Pokja Perlindungan Anak Kecamatan mengunjungi UPPA Polresta Tangerang untuk berkoordinasi dan melakukan pendampingan hukum terhadap korban. Mereka juga dan mengunjungi korban untuk memberikan layanan psikologis terhadap korban. (tohir) 

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp