DaerahHukum & Kriminal
Trending

Kasus Mafia Tanah Terungkap, Menteri ATR/BPN Langsung Datangi Mapolda Banten

SERANG, BANTEN RAYA – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Sofyan Djalil mendatangi Polda Banten, Jumat (26/3/2021). Kedatangan sang menteri adalah untuk memberikan dukungan atas langkah Polda Banten untuk membongkar seluruh kasus mafia tanah di wilayah hukumnya. 

“Saya datang memberikan apresiasi kepada kapolda dan seluruh tim di Banten yang telah membongkar suatu masalah penipuan atau pemalsuan girik dari persoalan tanah salah satunya girik palsu,” ujarnya.

Ia bahkan memberikan apresiasi atas kinerja Polda Banten yang telah membongkar mafia tanah berupa mengungkapan kasus girik palsu.

“Ini adalah bagian dari program pemerintah ingin memerangi mafia tanah, dengan tujuan akhir menciptakan data tertib pertanahan lebih baik,” ujarnya. 

Seperti diketahui, Subdit II Harta Benda (Harda) Ditreskrimum Polda Banten berhasil membongkar kasus sekaligus menangkap empat orang pelaku pembuatan girik atau surat kuasa lahan palsu. Komplotan ini melibatkan oknum petugas keamanan (satpam) dan honorer di Kantor Pajak Pratama (KPP) Serang, serta honorer kecamatan.

Dalam pengungkapan kasus tersebut, Polda Banten telah menetapkan empat orang tersangka yaitu MRH (55) honorer KPP Serang selaku penyedia blanko girik, CS (38) petugas keamanan KPP Serang selaku penerima uang pembuatan girik, AH (46) selaku penerima uang jasa pembuatan girik, dan SA (55) honorer kecamatan selaku orang yang meminta uang untuk biaya pembuatan girik.

Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho menegaskan, pihaknya akan menindak siapapun yang terlibat dalam mafia tanah. 

“Apabila ada ASN (terlibat mafia tanah) saya sudah diperintahkan untuk menindak secara tegas. Jadi enggak perlu khawatir. Kalau memang itu salah ya kita proses. Tapi nanti proses berikutnya secara administrasi kami serahkan ke pak menteri,” tegasnya. (dewa)

Baca juga

Polda Banten Bongkar Kasus Pemalsuan Girik Lahan

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp