DaerahHukum & Kriminal
Trending

Kejati Banten Mulai Dalami Kasus Pemotongan Bantuan Dana Hibah Ponpes

SERANG, BANTEN RAYA- Kejaksaan Tinggi (Kejati) Banten telah melakukan pemanggilan kepada pelapor dan penerima bantuan dana hibah ponpes (pondok pesantren) dari Pemprov Banten senilai Rp117 miliar pada tahun anggaran 2020. Bantuan tersebut diberikan kepada 3 ribu lebih ponpes di Banten. Pemanggilan dilakukan setelah dilaporkan adanya dugaan pemotongan dana hibah oleh Gubernur Banten Wahidin Halim.

Kasi Penerangan Hukum (Penkum) Kejati Banten Ivan Hebron Siahaan membenarkan bahwa penyidik Pidana Khusus (Pidsus) Kejati Banten telah melakukan pemanggilan pelapor maupun penerima bansos sejak Rabu (7/4/2021) lalu. 

“Iya, masih mengonfirmasi (mengorek kebenaran laporan yang diterima Kejati Banten),” katanya kepada Banten Raya, Jumat (9/4/2021).

Menurut Ivan, dugaan adanya pemotongan bantuan dana hibah masih sebatas pengumpulan data (puldata) dan pengumpulan keterangan (pulbaket). 

“Pelapor yang pasti (dipanggil ke Kejati),” ujarnya seraya enggan menjelaskan secara rinci berapa orang yang telah dipanggil oleh penyidik.

Baca juga

Gubernur Banten Laporkan Bantuan Dana Ponpes ke Kejati, Ada Apa?

Berdasarkan informasi yang diperoleh Banten Raya, sejumlah pondok pesantren penerima hibah di wilayah Kabupaten Serang, Lebak, Kota Serang tidak masuk dalam kriteria penerima hibah sebesar Rp30 juta per ponpes tersebut.

Ponpes tersebut tidak memenuhi persyaratan penerima dana hibah yakni, pertama memiliki izin operasional, memiliki bangunan ponpes, memiliki santri menetap sekurang-kurangnya 15 orang santri, adanya tim pengajar atau kiyai, dan mengajarkan kitab kuning.

Sebelum proses verifikasi dan pencairan dilakukan, penerima hibah dikumpulkan oleh oknum yang berkepentingan untuk menentukan besaran potongan dana yang bakal diterimanya.

Dalam pertemuan itu, penerima hibah akan mendapatkan pemotongan Rp7 juta. Namun setelah dilakukan musyawarah, penerima hibah hanya mendapatkan potongan Rp2 juta, dan total hanya Rp30 juta yang diterima untuk setiap ponpes. (darjat/rahmat)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp