DaerahHukum & Kriminal
Trending

Ombudsman dan Polda Banten Kolaborasi Cegah Praktik Maladministrasi

SERANG, BANTEN RAYA – Kepala Ombudsman Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Banten Dedy Irsan menyampaikan, bahwa hubungan baik antara institusi Polri dan Ombudsman Republik Indonesia sudah terjalin cukup lama. Ditandai dengan Nota Kesepahaman (MoU) dan kerja sama sejak 2014 dan telah diperpanjang sejak Juni 2020. 

Bentuk kerja sama antara Polri dan Ombudsman RI dimaksud terkait penyelesaian laporan atau pengaduan masyarakat. Kemudian juga pencegahan maladministrasi dalam pelayanan publik, pendidikan serta pelatihan. 

“Termasuk upaya panggil paksa terhadap pihak-pihak yang tidak kooperatif serta penerapan ketentuan pidana bagi para pihak yang menghalang-halangi tugas Ombudsman Republik Indonesia,” kata Dedy, Kamis (25/3/2021). 

Untuk itu, Dedy menegaskan bahwa Rabu (25/3/2021) kemarin, pihaknya sudah merealisasikan perjanjian kerja sama (PKS) antara Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten dengan Polda Banten.

Hal tersebut sebagai turunan dari MoU antara Ombudsman RI dengan Kepolisian Republik Indonesia. PKS ini bertujuan agar Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten dan Polda Banten saling bersinegri dan bekerja sama dalam upaya peningkatan pelayanan publik di lingkungan Polda Banten. Itu terutama dalam penyelesaian laporan masyarakat dan pencegahan maladministrasi. 

“Antara Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten dan Polda Banten perlu melakukan turunan dari MoU tersebut melalui PKS agar Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten dan Polda Banten saling bersinegris. Bekerja sama dalam upaya peningkatan pelayanan publik di lingkunga Polda Banten terutama dalam penyelesaian laporan masyarakat dan pencegahan maladministrasi,,” jelas Dedy. (tohir)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp