Hukum & Kriminal
Trending

Warga Petir Digegerkan Pembakaran Al-Quran

SERANG, BANTEN RAYA- Warga Desa Sukaratu, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang digegerkan peristiwa pembakaran Al-Quran dan pandalisme di Masjid Baiturahman, Rabu (10/3/2021) pagi. Dalam peristiwa itu kepolisian berhasil mengamankan satu orang (ODGJ) bernama Yahaya yang diduga pelaku pembakaran dan pandalisme di Masjid tersebut.

Kapolres Serang AKBP Mariyono mengatakan, insiden pembakaran Al-Quran dan pandalisme itu terjadi pada Rabu 10 Maret 2021sekitar pukul 06.30. Peristiwa itu pertama kali diketahui oleh Ridwan warga sekitar, yang melihat kepulan asap di tempat Imam salat.

“Awalnya warga hendak ke kamar mandi, dan melihat kepulan asap di dalam masjid. Ketika dicek adan api yang menyalah di depan sajadah bagian Imam (Al-quran terbakar), dan sebuah tulisan ditembok samping imam,” katanya kepada Banten Raya.

Mariyono mengungkapkan, warga kemudian melaporkan kejadian itu ke Mapolsek Cikeusal. Setelah dilakukan penyelidikan, pelaku pembakaran mengarah kepada Yahya, seorang warga yang mengalami gangguan kejiwaan, yang telah berulang kali melakukan hal yang sama.

“Kami melakukan penanganan secara profesional, dan kita amankan yang diduga pelaku pembakaran. Yang bersangkutan juga mengalami gangguan jiwa. Sebelumnya sudah tiga kali melakukan aksi serupa. Ini yang keempat kalinya,” ungkapnya.

Mariyono menjelaskan, pelaku melakukan aksi serupa sebanyak tiga kali di masjid yang berada di Kecamatan Petir, Serang pada tahun 2012, dan September 2020 di Masjid Al Makmur di Desa Mekarbaru, Petir dan terakhir pada tanggal 26 Oktober 2020 melakukan pembakaran karpet sajadah di Masjid Jamial Falah, Desa Mekarbaru, Petir.

“Kita lakukan koordinasi dengan rumah sakit unruk penanganan dan observasi lebih intesif lagi, agar tidak menimbulkan gangguan Kamtibmas,” jelasnya.

Dalam kesempatan ini, Mariyono mengimbau kepada masyarakat agar terprovokasi dengan isu-isu hoaks dan tidak sesuai dengan fakta yang sebenarnya. Peristiwa ini memang dilakukan oleh ODGJ.

“Saya minta masyarakat agar tidak terprovokasi dengan isu-isu (Hoak),” imbaunya. (darjat)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp