Kesehatan
Trending

Awas Jangan Kalap Makan Berlebihan saat Lebaran, Waspada 6 Gangguan Kesehatan Ini

JAKARTA- Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran identik dengan makan besar dan nikmat. Ini juga sering kali jadi ajang balas dendam usai berpuasa satu bulan lamanya yang memicu makan berlebihan.

Anda mungkin telah mengetahui bahwa makan berlebihan tidak sehat. Seperti dilansir suara.com, sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Physiology: Endocrinology and Metabolism mengatakan, bahwa meskipun makan berlebihan kadang-kadang tidak menimbulkan efek samping apa pun pada tubuh Anda, namun hal itu dapat memengaruhi kesehatan secara keseluruhan.

Melansir dari Healthshots, studi tersebut menyatakan bahwa makan berlebihan berpengaruh pada berat badan, konsentrasi lemak, dan bahkan kadar gula darah Anda. Selain itu, risiko utama makan berlebihan dikaitkan dengan asupan kalori tinggi yang dapat meningkatkan risiko kesehatan Anda secara keseluruhan.

Berikut enam kondisi kesehatan yang disebabkan oleh makan berlebihan, antara lain:

BACA JUGA: Efek Pelarangan Mudik, Terminal Pakupatan Sepi

1. Penumpukan lemak berlebih

Jika Anda sering makan berlebihan, seiring waktu akan memperlambat proses pencernaan Anda yang pada gilirannya menyimpan makanan ke dalam perut Anda untuk jangka waktu yang lebih lama dan mendorong kelebihan lemak untuk disimpan di dalam tubuh.

Menurut sebuah studi tahun 2012, penumpukan lemak yang berlebihan dalam tubuh menyebabkan penambahan berat badan yang tidak diinginkan dan obesitas.

2. Dapat menyebabkan diabetes

Makan berlebihan dapat menghentikan sel darah untuk mengubah glukosa darah menjadi energi dan membuat kadar gula darah Anda lebih sulit dikendalikan, sehingga meningkatkan risiko diabetes.

BACA JUGA: Doa, Niat dan Tata Cara Mandi Salat Idul Fitri

3. Menghambat tidur nyenyak

Makan berlebihan menyebabkan seseorang merasa lesu dan memengaruhi pola tidur.

4. Dapat Meningkatkan risiko kesehatan jantung

Makan berlebihan dapat meningkatkan kemungkinan penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya. Makan berlebihan dapat melepaskan hormon stres norepinefrin yang pada akhirnya meningkatkan detak jantung dan tekanan darah.

5. Mengganggu sistem pencernaan

Makan berlebihan, terutama makanan yang tidak sehat dapat merusak sistem pencernaan Anda. Anda mungkin menderita gangguan pencernaan seperti refluks asam lambung, mulas, sindrom usus bocor atau IBS, kembung berlebihan, dan kembung.

6. Dapat mengganggu fungsi otak

Makan berlebihan dapat mengganggu fungsi otak karena makanan berkalori tinggi dalam jumlah besar diketahui menyebabkan hilangnya memori dan penurunan kemampuan mental. (src)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp