Nasional
Trending

Jadwal Pendaftaran CPNS dan PPPK Ditunda, Ini Dua Penyebabnya

JAKARTA – Jadwal pendaftaran CPNS 2021 diundurkan dari rencana semula dibuka mulai 31 Mei. Keputusan yang sama berlaku untuk pendaftaran pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) 2021.

Dari keterangan Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, setidaknya ada dua alasan mengapa pendaftaran CPNS dan PPPK 2021 ditunda. Pertama, masih ada beberapa peraturan pengadaan CPNS, PPPK nonguru, dan PPPK guru tahun 2021 yang belum ditetapkan pemerintah.

“Sekarang masih tahapan usulan revisi penetapan kebutuhan formasi oleh beberapa instansi, makanya jadwal pelaksanaan akan diinformasikan lebih lanjut,” kata Bima Haria di Jakarta seperti dilansir JPNN.com, Minggu (30/5/2021).

Penyebab kedua, dari penjelasan Bima tersirat masih ada masalah kesiapan anggaran. Bima meminta pejabat pembina kepegawaian (PPK) menyiapkan rencana kegiatan dan anggaran pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS serta seleksi kompetensi PPPK nonguru tahun 2021 sesuai dengan penetapan kebutuhan formasi yang tersedia.

BACA JUGA: Kesempatan Terbuka Lebar, Ini Formasi CPNS yang Biasa Sepi Peminat

Sedangkan untuk seleksi kompetensi PPPK guru tahun 2021 dibebankan pada anggaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). (esy/jpnn)

Related Articles

Back to top button