Nasional

Pasca Penangkapan HRS, Polda Banten Waspadai Gerakan Massa

SERANG, BANTEN RAYA – Kasubdit Penmas Bidhumas Polda Banten Kompol P Winoto mengatakan, Polda Banten telah mengintruksikan kepada seluruh polres jajaran untuk melakukan kewaspadaan adanya gerakan massa pasca ditahannya Ketua FPI Habib Rizieq Sihab.

“Jadi masing-masing Polres sudah antisipasi. Kita dari intel dan Babinkamtibmas penggalangan untuk memberi edukasi ke masyarakat. Di Cilegon juga sudah melakukan action, begitu pula di Lebak dan Pandeglang,” katanya kepada Banten Raya, Minggu (13/12/2020).

Menurut Winoto, kepolisian sudah bergerak terjun ke masyarakat serta tokoh agama untuk tidak terprovokasi atau melakukan gerakan ke Jakarta, guna menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

“Kita sudah memberi imbauan, upaya-upaya untuk mengedukasi ke masyarakat, tokoh-tokoh juga diminta memberikan imbauan ke masyarakat agar lebih bijak. Kepolisian melakukan tindakan dalam rangka penegakan hukum,” ujarnya.

Winoto menambahkan, untuk gerakan simpatisan FPI, kepolisian baru mendapatkan informasi adanya simpatisan di wilayah Pandeglang yang berencana ke Jakarta.

“Sejauh ini dari jajaran, simpatisan belum ada. Cuma di Pandeglang laporan yang datang Polsek pernyataan ada yang mau ke Jakarta. Tapi kita belum bisa memberikan gambaran. Penyekatan belum, hanya kewaspadan, atensi dari pimpinan,” tegasnya.

Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi Priadinata mengatakan, Polda Banten dan Polres jajaran bersama TNI dan pemerintah mengimbau kepada masyarakat untuk menghormati proses penegakan hukum sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlalu. Polda juga mengajak kepada seluruh tokoh masyarakat, tokoh ulama, pemuda untuk bersama-sama menahan diri tidak terpancing ajakan pihak manapun untuk melakukan pelanggaran hukum, serta mengimbau kepada para pimpinan ormas untuk sama-sama menjaga kondusifitas daerah di Banten.

“Melaksanakan patroli skala kecil, sedang dan besar bersama aparat TNI dan Polri, serta unsur pemerintahan lainnya untuk bersama-sama menjaga Banten dan berikan rasa aman kepada masyarakat. Kita akan melakukan upaya pencegahan, filterisasi, penyekatan dan bila perlu melakukan razia gabungan untuk mencegah terjadinya pelanggaran hukum,” ujarnya. (darjat)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp