Banten SportNasional
Trending

Rizki Juniansyah, Atlet Asal Banten Raih 3 Emas dan Pecahkan Rekor Dunia

SERANG, BANTEN RAYA – Atlet angkat besi Banten Rizki Juniansyah berhasil meraih 3 medali emas kelas 73 kilogram pada Kejuaraan Dunia IWF Junior World Champions di Kota Tashkent, Uzbekistan, yang berakhir tadi malam WIB. Selain meraih medali emas, Rizki juga memecahkan rekor angkatan yang dibuatnya saat masih bermain di kelas remaja.

Berdasarkan hasil dari kejuaraan Dunia IWF Junior World Champions Rizki mencatatkan best snatch 155 kg, clean and jerk 194 kg dan total angkatan 349 kg. Pada saat remaja rekor Rizki untuk snatch 145 kg, clean and jerk 180 kg dan total angkatan 325 kg.

Hasil dari kejuaraan dunia ini juara pertama kelas 73 kg di raih Rizki Juniansyah snatch 155 kg, clean and jerk 194 kg dan total angkatan 349 kg. Sementara posisi kedua di duduki atlet India Sheuli Achinta dari India dengan snatch 141 kg, clean and jerk 172 kg, serta total 313 kg, dan juara ketiga raih oleh Serobian dari Rusia dengan snatch 143 kg, clean and jerk 165 kg dan total 308 kg.

Ketua Pabsi Banten Muhamad Yassin merasa bangga dengan prestasi yang diraih oleh Rizki di Kejuaraan Dunia IWF Junior World Champions di Kota Tashkent, Uzbekistan. Selain meraih medali emas, atlet Banten yang masuk Pelatda PON Papua ini juga berhasil memecahkan rekor dunia kelas junior yang bertahan sejak tahun 2019.

Berdasarkan informasi yang didapat rekor kelas junior sebelumnya snatch 154 kg kini menjadi 155 kg, untuk clean and jerk dari 193 kg menjadi 194, dan total dari 347 kg menjadi 349 kg.

“Ini sangat luar biasa selain meraih 3 emas Rizki juga mampu untuk memecahkan rekor dunia. Ini sangat luar biasa saya sendiri sangat takjub dengan prestasi yang diraih Rizki,” katanya.

Kata dia, keberhasilan Rizki meraih medali emas berkat latihan selama di pelatnas dan kedisiplinan dalam berlatih. Selama latihan ia terus bekerja keras untuk bisa berprestasi dan memecahkan rekor yang dimiliki saat berlaga di kelas remaja. Hasil kerja keras tersebut mengantarkan dirinya bisa berjaya di Uzbekistan.

“Saat ini umur Rizki belum sampai 18 tahun. Rizki akan menjadi atlet andalan untuk Indonesia untuk ke depannya. Selama ini Rizki juga telah mengharumkan nama Banten. Ini aset yang berharga bagi Banten dan Indonesia,” tegasnya.

Ia menambahkan diharapkan Rizki terus berlatih untuk meningkatkan kemampuannya agar nantinya bisa berprestasi terus membawa nama harum Banten dan Indonesia.

”Tetap berlatih dan berdoa. Terimakasih atas dukungan semua pihak,” tutupnya. (hendra)

Related Articles

Back to top button