NasionalPendidikan

SNMPN Resmi Dibuka untuk Jenjang D3

JAKARTA, BANTEN RAYA – Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Diksi) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Wikan Sakarinto secara resmi meluncurkan Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) 2021, Senin (11/1/2021). Jalur ini dikhususkan bagi seluruh siswa SMA, SMK, maupun MA yang lulus di tahun ini dan ingin melanjutkan pendidikan di Politeknik Negeri.

Wikan menjelaskan, SNMPN tahun ini hanya akan fokus untuk politeknik negeri, khususnya untuk jenjang D3. Pasalnya, seleksi untuk sarjana terapan atau D4 pada tahun ini sudah tergabung dengan Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT). ”Jadi even ini untuk perguruan tinggi vokasi, politeknik negeri dan khususnya untuk jenjang D3,” ujarnya dalam acara peluncuran SNMPN 2021 secara daring, kemarin. 

Cara pendaftarannya mudah. Sekolah cukup mendaftarkan diri melalui laman https://snmpn.politeknik.or.id menggunakan username dan password yang diberikan panitia kepada masing-masing sekolah. Berikutnya, sekolah merekomendasi dan mendaftarkan siswa-siswa terbaiknya mulai 11 Januari sampai 12 Maret 2021. Siswa-siswa tersebut akan diberikan username dan password yang dapat digunakan untuk memasukkan data secara online. Pendaftaran dibuka mulai 11 Januari hingga 19 Maret 2021 mendatang. ”Pendaftarannya gratis,” tegasnya.  

Nantinya, berkas pendaftaran bakal divalidasi melalui system mulai 18 Januari hingga 26 Maret 2021. Hasilnya, akan diumumkan pada 6 April 2021.

Wikan mengungkapkan, saat ini merupakan era bagi pendidikan vokasi untuk maju dan berkembang seiring dengan kebutuhan SDM. Link and match dengan dunia industri menjadi sebuah keharusan ditambah dengan kolaborasi dalam inovasi. 

”Untuk itu, bagi adik-adik yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya, harus memiliki visi ke depan dan kekuatan karakter, tidak melulu harus memiliki kemampuan analitic,”jelasnya. 

Sementara itu, Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru Politeknik Se-Indonesia Zainal Arief menambahkan, SNMPN ini merupakan seleksi jalur undangan yang diperuntukkan bagi calon peserta yang akan melanjutkan pendidikan di Perguruan tinggi bidang vokasi atau Politeknik dan Politani Negeri di seluruh wilayah Indonesia. Di tahun ini, ada 44 politeknik negeri yang siap menampung calon mahasiswa dari jalur SNMPN. 

”Jika tahun lalu ada 42 Politeknik negeri yang bergabung, di tahun ini ada tambahan 2 politeknik lagi. Yaitu Politeknik Nusa Utara dan Politeknik Negeri Nunukan,” jelasnya. 

Zainal mengungkapkan, SNMPN diseleksi melalui prestasi akademik siswa selama mengikuti pendidikan di sekolah menengah atas. Namun tetap memperhatiakn prestasi non-akademik yang bisa jadi bahan pertimbangan lolos tidaknya siswa tersebut.

”Jalur SNMPN ini juga mengakomodir calon peserta yang diterima dan berasal dari keluarga ekonomi lemah tetapi mempunyai prestasi akademik tinggi sebagai peserta program KIP-K,” ungkapnya. 

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan UI Abdul Haris memimpin pelaksanaan sosialisasi SNMPTN di kampusnya. Dia mengatakan UI mengundang seluruh anak Indonesia untuk berkompetisi masuk ke kampusnya. Jalur masuk ke UI ada yang melalui seleksi nasional maupun Simak UI yang digelar internal UI.

Dia menuturkan tahun ini UI memiliki sejumlah prodi vokasi baru. ’’Baik itu di jenjang diploma 3 atau diploma 4,’’ katanya kemarin. Prodi baru di vokasi UI adalah manajemen record dan arsip, manajemen bisnis pariwisata, produksi media, bisnis kreatif, prodi fisioterapi, dan terapi okupasi.

Haris menjelaskan untuk kelompok S1 reguler, mereka memiliki 64 unit prodi. Kemudian untuk S1 pararel ada 40 unit prodi. Tahun ini ada empat prodi baru S1 pararel. Yaitu teknik perkapalan, teknik komputer, arsitektur interior, dan teknologi bioproses. UI juga membuka program pendidikan S1 kelas khusus internasional dengan sistem single atau double degree.

Dia mengatakan kuota jalur penerimaan untuk S1 reguler terbagi menjadi tiga kelompok. Yaitu 20 persen dari SNMPN, 30 persen dari SBMPTN atau UTBK, dan 50 persen dari Simak UI. Ementara itu untuk kelompok Vokasi, 70 persen kuota diisi dari PPKB UI dan 30 persen dari Simak UI. Kemudian untuk S1 Pararel UI sebanyak 50 persen kuota dari PPKB dan 50 persen dari Simak UI. Jadwal jalur SNMPTN dibuka mulai 4 Januari sampai 1 Februari di akun LTMPT. (jpg)

 

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
× Chat Via WhatsApp
%d blogger menyukai ini: