Pendidikan
Trending

10 Dosen Uniba Lolos Hibah Penelitian Kompetitif Nasional

SERANG, BANTEN RAYA-Sebanyak 10 dosen Universitas Bina Bangsa (Uniba) berhasil lolos dalam hibah penelitian Kompetitif Nasional dari Kementerian RISTEK / BRIN. Hal tersebut disampaikan Abdul Rauf Chaerudin, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Uniba.

Kepada Banten Raya Abdul menyampaikan, berdasarkan Keputusan Kuasa Pengguna Anggaran Deputi Bidang Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset dan Teknologi/ Badan Riset dan Inovasi Nasional Nomor 11/E1/KPT/2021 tanggal 01 Februari 2021, tentang Penetapan Pendanaan Penelitian di Perguruan Tinggi Tahun Anggaran 2021. Sebanyak 10 tim dosen Uniba berhasil lolos Pendanaan Hibah Penelitian.
“Ini adalah bukti nyata pemerintah sangat peduli terhadap pendidikan di Indonesia, salah satu contoh di Universitas Bina Bangsa,” kata Abdul, kemarin.

Ia menjelaskan, pemberian hibah penelitian tersebut merupakan program tahunan yang diselenggarakan oleh Kemenristek/BRIN yaitu Tim Dosen pengusul yang proposalnya dinyatakan lolos seleksi, dan yang bersangkutan telah mengisi serta mengunggah dalam sebuah system SIMLIBTAMAS (Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat).

Related Articles

Uniba melalui LP2M selalu bekerja keras untuk meningkatkan kualitas maupun kuantitas dosen yang melakukan penelitian. Salah satu peluang yang bisa didapatkan oleh dosen adalah dengan mengajukan proposal kepada RISTEK BRIN yang nantinya akan mendapatkan dana hibah penelitian secara kompetitif nasional.
“LP2M sangat mendukung setiap dosen untuk menjalankan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Abdul memberikan apresiasi yang besar kepada seluruh dosen yang telah lolos proposal penelitiannya untuk didanai oleh pemerintah melalui pendanaan hibah Kemenristek/BRIN tahun anggaran 2021. Terlebih dosen yang lolos cukup signifikan. Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir mengalami peningkatan.
“Ini menunjukan bahwa para dosen Uniba sangat fokus dan mampu bersaing dalam bidang penelitian yang merupakan salah satu aspek penting dalam perguruan tinggi,” ungakpnya.

Di lokasi yang sama, Ardi Hidayat, Kabag Penelitian LP2M Uniba mengatakna, untuk menjaga marwah sebagai institusi pendidikan tinggi, Uniba memiliki kewajiban dalam melaksanakan tridharma perguruan tinggi. Salah satu darma tersebut adalah melaksanakan penelitian.

Dengan dana tersebut, lanjutnya, diharapkan dapat menghasilkan penelitian yang bermutu dari setiap dosen. Bahkan hasil penelitiannya itu dapat dipublikasikan baik nasional maupun internasional di Jurnal Ilmiah bereputasi.

“Mudah-mudahan kedepan dosen-dosen yang mendapatkan hibah ini bisa menghasilkan lebih banyak lagi penelitian setiap tahunnya. Dengan semakin banyaknya dosen Uniba yang lolos hibah penelitian, diharapkan ke depan dapat terus meningkatkan motivasi dan antusiasme dosen lainnya di lingkungan perguruan tinggi Uniba untuk meningkatkan kompetensinya di bidang penelitian,” harapnya.

Perlu diketahui, berikut adalah daftar nama dosen Universitas Bina Bangsa penerima pendanaan hibah Kemenristek / BRIN 2021 diantaranya Asep Rahmatullah, S.T.,M.T, Dedy Khaerudin, S.T.,M.T, Ardi Hidayat, S.E.,MM, Miftahudin, M.Pd, Saepudin, S.Pd.I.,M.Pd, Ibrohim, M.Ak, Ulfi Jefri, S.E.,M.Ak, Isnaini Mahuda, S.Pd.,M.Si, Ranny Meilisa, S.Kom.,M.Pd.T, Mohamad Bayi Tabrani, M.Pd, Puput Puspito Rini, S.Pd.,M.Pd, Mohamad Husni, S.E.,M.Ak, Riyanthi Idayu, S.E.,M.Ak, Rina Nopianti, M.Si, Andreas Tri Panudju, S.T.,M.T, Angrian Permana, S.E.,MM, Suhandi, S.E.,MM, Surachman, S.E.,M.Ak.

Setelah penelitian selesai, para peneliti diwajibkan untuk menyerahkan laporan hasil penelitian, luaran publikasi ilmiah, dan diharapkan dapat melanjutkan penelitiannya ke program penelitian lain yang lebih tinggi. (satibi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp