Info UnbajaPendidikan
Trending

9 Dosen Unbaja Lolos Hibah Penelitian Ristek BRIN

SERANG, BANTEN RAYA-Sebanyak sembilan dosen Universitas Banten Jaya (Unbaja) berhasil lolos dalam hibah penelitian Ristek BRIN. Hal tersebut diungkapkan Ketua Lembaga Pengembangan, Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unbaja Telly Rosdiyani.

Menurutnya, program penelitian yang dikemas dari beberapa skema serta aturan yang telah ditentukan menuntut civitas akademika dapat mengikuti dalam pemenuhan dasar perguruan tinggi. 
Ia menjelaskan, tri darma perguruan tinggi terdiri dari pembelajaran, penelitian dan pengabdian, hal ini menjadikan suatu kegiatan program rutin yang dibuka simlitabmas tiap tahun. Program penelitian ini dimaksudkan dalam rangka membina, mengarahkan para peneliti pemula maupun senior dalam meningkatkan kemampuan  sehingga menghasilkan produk penelitian sesuai prioritas risetnya.

Tidak hanya penelitian saja dalam program ini, lanjutnya, namun pengabdian juga ada didalam Program Simlitabmas tersebut. Sebanyak sembilan judul penelitian Dosen Unbaja tahun usulan 2020 dengan skema penellitian dosen pemula (PDP) mendapatkan pendanaan Ristek BRIN.

“Total yang diumumkan oleh Ristek BRIN sebanyak 1.297 judul penelitian. Pengumuman pendanaan ini langsung disampaikan Mentri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Prof Bambang P.S. Brodjonegoro Ph.d,” kata Telly, kemarin.

Telly mengatakan, bahwa berdasarkan informasi dari Ristek BRIN bahwa pendanaan ini merupakan bagian dari dana Bantuan Oprasional Perguruan Tinggi Negeri yang dibagi angaran dananya pada penelitian PTN Non Badan Hukum dan PTS serta Penelitian untuk PTNBH. Sedangkan pendanaan pengabdian masyarakat dan tematik akan diumumkan selanjutnya. 

Perlu diketahui, Ely Nuryani, Irma Yunita Ruhiwati akan melakukan penelitian Aplikasi Absensi Mengajar Dosen Berbasis Web Dengan Menerapkan Schedule Access Control, Rehulina Tarigan bersama Dedi Juniansha, Raden Kania meneliti Pengembangan Sistim Informasi Registrasi Kendaraan Dan Pembayaran Iuran Anggota Aptrindo Mengunakan Konsep HMVC,  Widiawati, Reni Febriani meneliti Deteksi Tingkat Kematangan buah Pisang Secara Real Time Menggunakan Algoritma Yulo, Nurhidayati, R. Kania dan Tifani Intan Solihati mengusung penelitiannya Empowering Eight Melalui Reposiotori Perpustakaan Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Penelitian Mahasiswa Universitas Banten Jaya.

Kemudian, Fitriyah bersama Tauny Akbari meneliti Pemanfaatan Eolith Alam Bayah Untuk Adsorpsi Limbah Cair Batik Banten Dengan Parameter Zat Warna TSS TDS Dan COD, Nila Prasetyo Artiwi bersama Euis Amilia akan meneliti pula Pengaruh Pelebaran Jalan Terhadap Tingkat Pelayanan Ruas Jalan Palima Baros, sedangkan Telly Rosdiyani dengan Dasa Aprisandi akan meneliti Optimasi Konektivitas Antara Statsiun Cakung Dan Pasar Bintara, Fitri Nurlaili bersama Budi Mulyati, E Nita Priyanti meneliti Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Mata Pelajaran Praktikum Akutansi Lembaga/Instansi Pemerintah dan Sisca Wulansari Saputri bersama Dede Rohadi sebagai peneliti Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Local Wisdom Dengan Pendekatan Blended Learning Menggunakan Macromedia Flash Di SMPN Satu Atap Pulau Tunda.

Tema penelitian yang disodorkan tersebut berdasarkan rumpun ilmu penelitinya dengan durasi pelaksanaan 1 tahun. “Rektor dan jajaran pimpinan Unbaja beserta LP3M mengucapkan selamt dan terima kasih kepada para peneliti tersebut atas memperoleh pendanaan Ristek BRIN tahun 2021 pengusulan 2020 semoga lancar penelitiannya, pembuatan laporan serta bermanfaat bagi masyarakat, meningkatkan disminasi hasil penelitian dan perlindungan kekayaan intelektual serta meningkatkan kapasitas dosennya,” tutur Telly. (satibi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp