Pendidikan
Trending

Akbar Gama Refarjan: Beasiswa ke Luar Negeri

SERANG, BANTEN RAYA – Berjalan-jalan ke luar negeri adalah impian dan harapan hampir bagi kebanyakan orang. Namun tidak ada yang sangka, jalan-jalan ke luar negeri sambil belajar merupakan impian yang dapat terwujud. Hal tersebut disampaikan Akbar Gama Refarjan, Mahasiswa Teknik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta).
Menurutnya, belajar melalui beasiswa ke luar negeri sambil jalan-jalan membuka wawasan bahwa dunia itu luas dan akan menambah pengetahuan terhadap budaya luar. Dahulu, berpergian ke luar negeri hanya dapat dilakukan oleh orang-orang berada.

“Namun, perjalanan ke luar negeri perlu didasari dengan tujuan yang jelas. Tujuan ini bisa berupa kuliah, research, cultural exchange, lomba internasional, international conference dan masih banyak lagi. Hal tersebut juga sesuai dengan impian saya sejak 2017 yang sangat ingin mengunjungi negara Ottoman, yaitu Turki,” katanya, kemarin.

Awalnya, tujuan itu hanyalah seperti mimpi yang tidak akan pernah terwujud mengingat kurangnya biaya dan persiapan untuk bisa sampai kesana. Namun, tepatnya pada tahun 2018 terdapat beasiswa YTB (Turkiye Scholarship) yang ditawarkan oleh pemerintah Turki kepada warga negara-negara di dunia untuk dapat kuliah S1, S2, dan S3 di Turki.

“Saat itu, saya masih merupakan Mahasiswa Aktif di Untirta semester ke-2. Keinginan untuk kuliah di kampus impian sejak SMA dan hasrat untuk mencoba mendapatkan kesempatan kuliah di Luar Negeri membuat saya mengikuti tes SBMPTN untuk ke-2 kalinya dan juga apply beasiswa YTB untuk kuliah di Turki,” imbuhnya. (satibi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp