Pendidikan

BDR Tingkatkan Peranan Ibu dalam Dunia Pendidikan

SERANG, BANTEN RAYA-Pendidikan pintu gerbang menuju cakrawala dunia. manusia yang terdidik mampu beradaptasi dalam berbagai situasi, dalam strata sosial manapun dan mampu bersaing dalam era global. Hal tersebut disampaikan Zaitunah Sabhan, Guru Besar UIN Jakarta saat menjadi pembicara dalam seminar daring Optimalisasi Peran Ibu dalam Pendidikan dan Peningkatan Kegemaran Membaca Keluarga.

Dalam materinya, Zaitunah menyampaikan bahwa diera informasi dan teknologi saat ini, penyebaran arus informasi sangat cepat. Perkembangan ilmu dan teknologi mengubah prilaku, gaya dan pola pikir manusia untuk berinteraksi dan berkomunikasi dengan masyarakat.

“Masa pandemi Covid-19 adalah fase kehidupan yang sangat memelurkan ketangguhan dalam bertahan dari pandemi, yaitu ketangguhan dalam jasmani dan rohani,” katanya.

Terkait tema yang saat ini menjadi pembahasan, Zaitunah mengatakan bahwa kodrat wanita adalah hamil, melahirkan dan menyusui. Kemudian mengasuh, merawat, mendidik dan membesarkan anak bersama suami.

Sedangkan anak adalah aset berharga yang didambakan setiap orangtua. Dalam memberikan pendidikan kepada anak, harus sesuai dengan kondisi zamannya, namun orangtua tetap berperan dalam memberikan pengawasan terhadap pengaruh era digital.

Ia menjelaskan, kualitas pendidikan untuk anak harus menjadi perhatian semua pihak. Salah satu caranya adalah dengan memberikan pengawasan semua pihak terhadap lembaga pendidikan yang ada, memberikan masukan untuk meningkatkan mutu pendidikan kepada lembaga pendidikan dan saling bersinergi antara orangtua, lembaga pendidikan dan masyarakat.

Pendidikan di masa pandemi, lanjutnya, memaksa Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan kebijakan kegiatan belajar mengajar daring. Pendidikan di masa pandemi juga menciptakan banyak tantangan yang harus dihadapi.

“Tantangan tersebut sebenarnya bisa menjadi peluang bagi orangtua untuk menciptakan kebiasaan membaca di rumah bagi seluruh anggota keluarga. Karena dalam membentuk minat baca, bisa dilakukan sejak anak usia dini,” ungkapnya.

Terkait pendidikan di rumah, Zaitunah meminta kepada orangtua untuk menjadi penguat mental dan kasih sayang kepada anaknya. Orangtua juga memberikan dukungan dan memotivasi agar anak bisa meningkatkan prestasinya dalam bidang akademik. (satibi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp