Pendidikan

Dindikbud Banten jadikan Golok Go Internasional

SERANG, BANTEN RAYA-Bidang Budaya pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten dalam waktu dekat akan menggelar Seminar Internasional membahas Golok Banten. Hal tersebut disampaikan Bara Hudaya, Kepala Bidang Budaya pada Dindikbud Banten.

Menurutnya, kegiatan ini salah satu upaya Bidang Kebudayaan pada Dindikbud Banten untuk melestarikan, dan memberikan edukasi kepada masyarakat Banten terkait dengan salah satu kebudayaan di Banten yaitu Golok Banten.

“Ditengah-tengah pengaruh asing yang gencar masuk ke Indonesia khusus Banten, pemerintah ingin hadir untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, bahwa Golok Banten berbeda dengan golok di luar Banten,” kata Bara kepada Banten Raya, kemarin.

Ia mengaku agar kegiatan ini berkualitas, pihaknya telah mengundang sejumlah ahli baik dalam dan luar negeri untuk menjadi pembicara, diantaranya adalah Oliver Blancquer, President Netherland Pencak Silat Federation Belanda, Linda Turci, Writer The Golok Book asal Italy dan Ki Kumbang, Grand Master Seni Golok Indonesia.
“Saya berharap dengan adanya seminar internasional ini, bisa menambah wawasan dan pengetahuan peserta terkait dengan Golok Banten, dan menumbuhkan rasa bangga terhadap budaya, adat istiadat Banten,” harapnya.

Sementara itu, Ki Kumbang, Grand Master Seni Golok Indonesia menyampaikan bahwa sebilah Golok Banten memiliki sepuluh kandungan, diantaranya adalah ferrum, phosphor, copper, silicon dan titanium.
“Dalam sejarah Golok Banten dibuat tidak dengan cara ditempa atau dipukul, namun dibuat dengan menggunakan tangan,” katanya.

Dalam setiap ukiran yang ada dalam sebilah Golok Banten, lanjutnya, memiliki nilai filosifi yang tinggi yang diajarkan nenek moyang kepada generasi penerus yang ada di Banten. “Kegiatan ini sangat menarik. Rencananya kegiatan ini akan dilaksanakan secara zoom meeting tanggal 24 Maret mendatang,” imbuhnya. (satibi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp