Pendidikan
Trending

DPK Banten Buka Kelas Mendongeng

SERANG, BANTEN RAYA-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Banten  melaksanakan kegiatan kelas mendongeng. Kelas mendongeng ini diikuti oleh  41 orang peserta dari berbagai kalangan seperti guru TK, penggiat literasi dan masyarakat umum lainnya.

Kepala DPK Banten, Usman Asshiddiqi Qohara kepada Banten Raya menyampaikan, kegiatan ini bertujuan selain memberikan pelatihan singkat mengenai mendongeng, juga merupakan upaya mengisi dan menyediakan layanan kepada pemustaka ditengah pandemi. 
“Melalui pelatihan singkat ini diharapkan budaya mendongeng dalam masyarakat Banten tetap tumbuh dan juga adanya peningkatan kemampuan mendongeng, terutama bagi para guru TK atau  para pegiat literasi di Banten,” kata Usman, kemarin.

Dalam kegiatan narasumber yang mengisi acara adalah Ihan Imtihan dari Kampung Dongeng Cilegon. Dalam pemaparannya Ihan menyampaikan bahwa mendongeng memiliki peranan penting dalam menginternalisaaikan nilai-nilai positif bagi anak.
“Ditenga-tengah pandemi seperti ini, mendongeng merupakan salah satu cara yang efektif untuk proses belajar anak, karena anak akan lebih tertarik pada pada penyampaian yang sederhana,” katanya.

Oleh karena itu, menurut Ihan orangtua harus lebih memiliki variasi yang menarik dalam menyampaikan cerita.  Teknik mrndongeng akan menentikan menarik atau tidaknya sebuah cerita.
“Mendongeng juga merupakan cara untuk mengalihkan emosi-emosi negatif, baik anak maupun orangtua ditengah situasi pandemi,” ujarnya.

Lebih lanjut Ihan membagi tips-tips menarik untuk para pendongeng pemula, agar bisa lebih menarik dalam mengkomunikasikan nilai-nilqi yang hendak ditanamkan melalui mendongeng. 
Sementara itu, kegiatan tersebut berlangsung dalam waktu sekitar 2 jam tersebut merupakan kegiatan awal DPK Banten untuk terus berupaya memberikan layanan kepada masyarakat. (satibi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp