Pendidikan
Trending

DPK Banten Kembangkan Perpustakaan Sekolah

SERANG, BANTEN RAYA-Dalam rangka meningkatkan mutu perpustakaan sekolah pada jenjang pendidikan SMA dan SMK, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Banten menggelar Bimbingan Teknik Tenaga Pengelola Perpustakaan Sekolah Angkatan I, Selasa (23/2).

Kepala DPK Banten,  Usman Asshiddiqi Qohara menyampaikan, bahwa kegiatan ini salah satu bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Banten terhadap pengembangan perpustakaan sekolah pada jenjang pendidikan SMA dan SMK.

Ia mengatakan, DPK sebagai perpustakaan pembina melakukan pembinaan terhadap perpustakaan sekolah. Ini salah satu upaya DPK agar penyelenggaraan perpustakaan sekolah sesuai dengan standar perpustakaan.
“Kegiatan ini dilaksanakan satu hari dengan menghadirkan pengelola perpustakaan sekolah pada jenjang pendidikan SMA dan SMK sesuai dengan kewenangan Pemerintah Provinsi Banten,” kata Usman di ruang kerjanya.

Related Articles

Agar kegiatan ini berkualitas, lanjut Usman, panitia mengudang pembicara yang memang ahli di bidang perpustakaan, yaitu pengelola perpustakaan Kampus Universitas Islam Negeri (UIN) SMH Banten.
“Saya berharap kegiatan ini bisa mengembangkan mutu tenaga perpustakaan sekolah pada jenjang pendidikan SMA dan SMK,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Usman menjelaskan perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang berada di satuan pendidikan formal di lingkungan pendidikan dasar dan menengah yang merupakan bagian integral dari kegiatan sekolah yang bersangkutan, dan merupakan sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan sekolah yang bersangkutan.

Perpustakaan, kata Usman, bukan hanya sebagai tumpukan buku. Namun perpustakaan memiliki kandungan informasi yang dapat meningkatkan mutu pembaca. Dalam kegiatan ini, peserta diberikan pengetahuan seputar pengelola perpustakaan sekolah, sesuai dengan standar perpustakaan. “Misalnya pengelompokan jenis buku, pendataan jumlah buku dan sirkulasi buku,” imbuhnya. (satibi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp