Pendidikan
Trending

IKA Agroekoteknologi Kasih Tips Dapat Beasiswa

SERANG, BANTEN RAYA – Kiat untuk mendapatkan beasiswa pascasarjana di luar negeri diantaranya adalah memiliki motibasi dan semangat untuk mengikuti beasiswa. Hal tersebut diungkapkan Wakil Dekan III Fakultas Pertanian Untirta Weksi Budiaji saat menjadi pembicara dalam Webinar yang digelar oleh Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Agroekoteknologi Untirta.

“Calon mahasiswa harus mencari Informasi mengenai seluruh kebutuhan beasiswa. Salah satu tempat bertanya mencari informasi adalah PPI (Persatuan Pelajar Indonesia). Dokumen yang penting diantaranya CV dan Toefl,” kata Budiaji, kemarin.

Kemudian, lanjutnya, mencari beasiswa hanya langkah awal, karena tantangan sesungguhnya pada saat di sana. Ketika dipanggil, harus mempersiapkan semaksimal mungkin. “Sukses bukan suatu kecelakaan, tapi harus melalui anak tangga,” ujarnya, kemarin.

Di lokasi yang sama, Suroyo, Ketua Umum IKA Agroekoteknologi Untirta menyampaikan, strategi alumni mendapatkan beasiswa adalah dengan membangun koordinasi efektif antara kampus, alumni dan mahasiswa, mengundang alumni yang mendapat beasiswa, mengundang Dikti dan LPDP sebagai pembicara, mendata alumni yang berkeinginan menlanjutkan studi S2 maupun S3 dan melakukan pendampingan terhadap alumni yang akan melanjutkan pascasarjana (mentoring).

“Tips mendapatkan beasiswa adalah saat masih S1, tentukan tujuan kedepannya ingin menjadi apa, mencari informasi sebanyak-banyaknya, persiapkan diri dan lengkapi syarat utama yaitu IPK dan sertifikat Toefl,” imbuhnya. (satibi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp