Pendidikan
Trending

IKA SMAN Ciruas Patungan Bangun Masjid

SERANG, BANTEN RAYA-Ikatan Keluarga Alumni (IKA) SMA Negeri Ciruas bersama dengan wali murid, guru dan kepala sekolah bergotong royong mengumpulkan dana untuk pembangunan Masjid Attarbiyah milik SMAN Ciruas.

H. Sopan, Ketua Panitia Pembangunan Masjid Attarbiyah kepada Banten Raya menyampaikan, sejak peletakan batu pertama pembangunan Masjid Attarbiyah pada 22 Juni tahun, berbekal semangat dan keikhlasan IKA SMAN Ciruas berupaya untuk mengumpulkan donasi untuk pembangunan masjid tersebut.

Hal tersebut dilatar belakangi oleh kapasitas madjid yang ada sudah tidak mampu menampung jamaah. Bahkan, bila waktu menunaikan Salat Jumat tiba, siswa ada yang salat di teras dan di luar masjid, dan kondisi bangunan masjid juga kurang baik sehingga perlu dilakukan pembangunan.

“Keterlibatan alumni dalam pembangunan masjid ini karena memang sudah menjadi cita-cita para alumni sebelum terbentuk IKA. Kemudian cita-cita ini direalisasikan setelah terbentuk IKA melalui Program IKA untuk membangun sumber daya manusia di bidang keagamaan sosial dan pemberdayaan masyarakat dibawah Koordinator Bidang Internal,” kata Sopan, kemarin.

Ia menilai, alumni merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari sekolah, sebagai penggagas dan penggerak pembangunan Masjid Attarbiyah SMAN Ciruas. Tidak hanya alumni, pihak sekolah juga melibatkan orangtua murid dan siswa dan masyarakat sekitar untuk menjadi donatur pembangunan Masjid Attarbiyah.

“Pembangunan masjid ini diperkirakan menghabiskan dana kurang lebih Rp2,5 miliar yang bersumber dari donasi seluruh angkatan dari angkatan pertama 1986, sampai dengan tahun 2020, guru, siswa, wali murid, dan masyarakat,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, lanjutnya, akan dilaksanakan peresmian masjid karena pembangunan Masjid Attarbiyah hampir rampung. Hanya sedikit pekerjaan untuk sarana dan prasarana pendukung seperti penampungan air wudu, tempat wudu laki-laki dan perempuan dan halaman parkir.

“Alhamdulillah sudah terpenuhi untuk sebuah masjid, masih ada kesempatan untuk masyarakat yang mau berdonasi panitia masih menerima donasi untuk finishing masjid ini,” ajaknya.

“Proses pembangunan masjid ini kurang lebih sembilan bulan agak molor dari target yang ditentukan yaitu awal Januari 2020 lalu, tapi ini sudah luar biasa berkat dukungan seluruh almuni, guru, siswa, wali murid dan masyarakat. Harapan alumni dengan selesainya pembangunan masjid ini yaitu mudah-mudahan masjid ini dapat digunakan sebaik-baiknya oleh seluruh, siswa, guru, dan masyarakat sekitar karena memang posisinya di pinggir jalan utama jalan raya Serang-Jakarta,” sambungnya.

Senada disampaikan Tata, Ketua DKM Masjid Attarbiyah SMAN Ciruas program kedepan setelah peresmian masjid, adalah urusan memakmurkan masjid bukan hal yang mudah terlebih harus mensinergikan antara program pengurus IKA dengan pihak sekolah, siswa dan DKM.

“Penguatan kelembagaan DKM juga sangat diperlukan guna efektifitas dan efisiensi pelaksanaan kegiatan di masjid melalui program-program bersama tadi, kegiatan yang sudah rutin dilakukan yaitu pengajian rutin, belajar mengaji yang didampingi oleh para alumni,” katanya.

Selain itu, pihak DKM juga memiliki program santunan yatim yang pernah dilaksanakan dengan membagi sembako kepada siswa dan orangtua siswa yang kurang mampu perlu di agendakan kembali.
“Kegiatan bulan Ramadan seperti buka puasa dan tarawih bersama juga menjadi perhatian pengurus IKA kedepan,” imbuhnya. (satibi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp