Pendidikan
Trending

Jalur Mandiri Masuk PTN Sudah Dibuka

SERANG, BANTEN RAYA-Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) mengikuti kegiatan peluncuran pendaftaran Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri wilayah Barat (SMM PTN-Barat).

Kegiatan ini dipusatkan di Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, dengan diikuti seluruh rektor perguruan tinggi negeri peserta SMM PTN-Barat, dan publik melalui daring dengan link zoom dan youtube.

Menurut Ketua Panitia SMM PTN Barat Samsul Rizal, pada tahun 2021 ini kegiatan SMM PTN-Barat diikuti oleh 17 perguruan tinggi negeri. Ke-17 perguruan tinggi negeri tersebut tergabung di bawah Badan Kerja Sama (BKS) PTN Indonesia Wilayah Barat.

“Tahun ini ada penambahan satu perguruan tinggi dalam SMM PTN-Barat. Diupayakan semakin banyak kampus terkemuka di Indonesia bagian Barat, yang tergabung di SMM PTN-Barat pada tahun-tahun mendatang,” katanya, Senin (17/5).

Ia mengaku, kegiatan launching ini juga ikut dihadiri perwakilan bank mitra SMM PTN Barat yaitu, Bank Mandiri, BNI, BTN dan BSI. Kehadiran Bank BSI pada kegiatan pendaftaran tahun ini merupakan bagian dari seruan Presiden Jokowi untuk meningkatkan kinerja bank syariah di Indonesia, dalam menjamin sistem perbankan yang Islami. “Apalagi di Aceh yang mulai diberlakukan Qanun Lembaga Keuangan Syariah,” ujarnya.

Adapun prodi yang ikut serta dalam SMM PTN-Barat ini, lanjutnya, sebanyak 338 Prodi Saintek dan 237 Prodi Soshum. Kuota yang diterima dalam proses pendaftaran mandiri ini ialah 7.601 untuk Prodi Saintek dan 6.889 untuk Prodi Soshum.

Di lokasi yang sama, Ketua BKS PTN Wilayah Barat Fatah Sulaiman menyampaikan, jumlah uang pendaftaran yang dikeluarkan oleh setiap pendaftar adalah sebesar Rp350 ribu dan berlaku seragam untuk seluruh PTN.

Uang pendaftaran itu bersifat mutlak dan akan hangus meskipun calon mahasiswa tidak melanjutkan hingga taraf seleksi. Uang pendaftaran itu dibayar melalui bank mitra yang telah ditetapkan.

Rektor Untirta ini menambahkan, ijazah yang akan digunakan oleh calon mahasiswa adalah lulusan tiga tahun terakhir (2019, 2020, dan 2021), kecuali untuk beberapa universitas, seperti Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah), Universitas Jambi (Unja), dan Universitas Teuku Umar (Utu) menggunakan ijazah lima tahun terakhir (2017, 2018, 2019, 2020 dan 2021).

“Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Aceh menerima ijazah untuk lulusan 10 tahun terakhir yaitu mulai 2012 hingga 2021 dan Paket C maksimal umur 25 tahun. Universitas Palangka Raya (UPR) 3 tahun terakhir (2019, 2020 dan 2021) untuk Fakultas Kedokteran dan 5 tahun terakhir (2017, 2018, 2019, 2020 dan 2021) untuk fakultas lainnya,” ujarnya. (satibi)

17 PTN yang tergabung di dalam SMM PTN-Barat adalah :

1. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa UNTIRTA, Serang
2. Universitas Syiah Kuala (USK), Banda Aceh
3. Istitut Teknologi Sumatera (ITERA), Lampung
4. Universitas Bengkulu (Unib), Bengkulu
5. Universitas Riau (Unri), Pekanbaru
6. Universitas Jambi (Unja), Jambi
7. Universitas Lampung (Unila), Bandar Lampung
8. Institut Seni Indonesia (ISI), Padangpanjang
9. Universitas Palangka Raya (UPR), Palangkaraya
10. Universitas Malikussaleh (Unimal), Lhokseumawe
11. Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH), Tanjungpinang
12. Universitas Bangka Belitung (UBB), Pangkalpinang
13. Universitas Teuku Umar (UTU), Meulaboh
14. Institut Seni dan Budaya Indonesia (ISBI), Aceh
15. Universitas Siliwangi (Unsil), Tasikmalaya
16. Universitas Samudra (Unsam), Langsa
17. Universitas Islam Negeri (UIN), Jakarta

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button
× Chat Via WhatsApp