Pendidikan
Trending

Kantor Bahasa Banten Gelar Gebyar Baluwarti Basa

SERANG, BANTEN RAYA-Dalam rangka memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional, Kantor Bahasa Provinsi Banten menggelar Gebyar Baluwarti Basa. Rangkaian kegiatan memperingati Hari Bahasa Ibu Internasional berlangsung secara daring.

Penanggung jawab acara Nur Seha, Peneliti Madya Kantor Bahasa Provinsi Banten menyampaikan, Baluwarti secara bahasa adalah benteng atau penjaga. Dengan dilakukan kegiatan Gebyar Baluwarti Basa diharapkan melahirkan generasi muda yang memiliki tekad baja sekokoh benteng menjaga, melesatarikan dan mempertahankan bahasa ibu sebagai jati diri bangsa.

“Kami berharap, generasi muda tidak lagi malu dan ragu menggunakan bahasa ibu dan bahasa daerahnya dalam percakapan sehari- hari. Berdasar pada trigatra Kami, gunakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah dan kuasai bahasa asing. Mari bersama mempertahankan bahasa ibu sebagai jati diri bangsa,” kata Nur kepada Banten Raya, kemarin.

Ia menjelaskan, Peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional, Kantor Bahasa Provinsi Banten mengadakan rangakaian acara yaitu, Lomba Konten Video Kreatif Berbahasa daerah, lomba tersebut berdurasi kurang lebih 60 detik.

“Lomba diikuti oleh 52 pelajar dan mahasiswa Banten. Dewan juri lomba berasal dari Universitas Multimedia Nusantara Tangerang, Sultan TV dan Komunitas Jawa Serang,” ujarnya.

Selain itu, kegiatan selanjutnya adalah diskusi daring dengan tema “Pemertahanan Bahasa Ibu Melalui Film dan Novel. Pemateri adalah Niduparas Erlang (penulis novel Burung Kayu), Darwin Mahesa (sutradara film Saija Adinda) dan DC Aryadi (pemeran Demang dalam Saija Adinda).

“Ketiganya memaparkan materi tentang narasi kreatif dalam novel, bahasa daerah dalam Saija Adinda, serta bahasa daerah Banten,” ungkap Nur.

Pada acara tersebut, lanjut Nur, ditayangkan trailer film Saija Adinda dan door prize bagi tiga penanya terbaik untuk menonton film tersebut dibulan Maret. “Door prize diperoleh Deni Indra Jaya dari MGMP Bahasa Sunda Banten, Qizink La Aziva dari Komunitas Bahasa Jaseng dan Meldi dari STKIP Setiabudhi Rangkasbitung Lebak,” terang Nur.

Kemudian, Sabtu (20/2) kemarin, Kantor Bahasa mengadakan Webinar “Strategi Pemertahanan Bahasa Ibu untuk Generasi Muda”. Acara tersebut dibuka oleh Sekretaris Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud, Soviaty Rivay, dan dihadiri oleh Kepala Kantor Bahasa Banten, Halimi Hadibrata.

“Paparan materi disampaikan oleh Indiwan Seto Wahjuwibowo dari UMN, tentang Cerdas Bersosial Media, H. Bahroji dari Sultan TV tentang Bahasa Ibu pada Media Elektronik dan materi terakhir oleh Rambo Banten mengenai Pelestarian Bahasa Daerah,” tuturnya.

“Pada webinar tersebut juga ditayangkan sepuluh video terbaik dari hasil lomba konten video kreatif, pengumuman 3 pemenang terbaik, dan 1 pemenang favorit. Masing- masing pemenang berhak atas uang tunai pembinaan, piala dan sertifikat,” imbuhnya. (satibi)

Juara Lomba Konten Video Kreatif:

* Pemenang pertama diraih oleh Gun gun Angkawijaya dari SMAN 3 Cibeber, Lebak
* Pemenang kedua Khilda Atqiyyah dari SDN Nembo Ilir, Serang
* Pemenang ketiga adalah Rifki Baedowi dari Universitas Terbuka, Serang
* Pemenang favorit diraih Bintang Ramadhan dari SMAN 2 Pandeglang.

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button
× Chat Via WhatsApp