Pendidikan
Trending

Lulus Sekolah, 60 Peserta Adem Dipulangkan

SERANG, BANTEN RAYA-Sebanyak 60 peserta didik yang tergabung dalam Program Afirmasi Pendidikan Menengah (Adem). Pelepasan pemulangan peserta Adem langsung dipimpin oleh Tabrani, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten.

Kepada Banten Raya tabrani menyampaikan bahwa, Program Adem merupakan program Pemerintah Pusat sejak era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Program tersebut dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia pelajar asal Papua Barat dan Jayapura.

“Alhamdulilah setiap tahunnnya Provinsi Banten dalam hal ini Dindikbud Banten mendapatkan kepercayaan untuk menjalankan Program Adem,” kata tabrani kepada Banten Raya, kemarin.

Ia menjelaskan, dalam menjalankan Program Adem ini, Dindikbud Banten menyerahkan semua tanggungjawab kepada Bidang Pendidikan Khsusus, sama seperti provinsi lainnya yang juga mendapatkan kepercayaan dalam Program Adem ini.

Senada disampaikan Supandi, Kepala Bidang Pendidikan Khusus, pada Dindikbud Banten, jumlah peserta Adem yang dipulangkan ke kampung halamannya sebanyak 60 peserta. Mereka adalah peserta didik kelas 12 yang sudah dinyatakan lulus jenjang pendidikan SMA dan SMK di Provinsi Banten.

Ia mengaku, dalam proses pemulangan tersebut pihaknya langsung diterima oleh Kepala Dindikbud Papua Barat. Dalam kesempatan itu, kata Supandi, Kepala Dindikbud Papua Barat mengucapkan terima kasih dan berharap agar program ini bisa kembali dilanjutkan tahun ini.

Terkait dengan melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi, Supandi menyampaikan bahwa, peserta Adem sudah didaftarkan ke dalam Program Afirmasi Pendidikan Tinggi (Adik). Kemungkinan besar mereka yang ingin melanjutkan ke dalam Program Adik akan diterima di perguruan tinggi negeri. “Program Adik sudah melakukan kerjasama dengan 81 perguruan tinggi negeri,” ujarnya.

Kata Supandi, pihaknya masih menunggu kebijakan Pemerintah Pusat terkait adanya kembali pengiriman peserta Program Adem yang akan dijalankan oleh Pemerintah Provinsi Banten. Namun, untuk program Adem Repatriasi, Pemerintah Provinsi Banten tahun ini kembali mendapatkan kepercayaan untuk menjalankan program tersebut.

“Jika Provinsi Banten kembali dipercaya menjalan Program Adem, tentunya kami siap mensukseskan program tersebut. Program Adem Repatriasi adalah program pendidikan bagi anak-anak Indonesia yang orangtuanya bekerja di Malaysia. Untuk di Provinsi Banten, mereka mendapatkan pendidikan di SMA Permata Insani dan Islami Vilage,” imbuhnya. (satibi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp