Pendidikan
Trending

Netherlands Pencak Silat Federation Dukung Golok Terdaftar di Unesco

SERANG, BANTEN RAYA-Netherlands Pencak Silat Federation mengaku siap mendukung program golok goes to Unesco. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Olivier Blancquert, President Netherlands Pencak Silat Federation dalam Seminar Internasional yang digelar Bidang Kebudayaan pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten.

Olivier Blancquert yang ditunjuk menjadi narasumber oleh Dindikbud Banten mewakili Negara Belanda menyampaikan tentang perkembangan antusiasme masyarakat Belanda pada saat ini terhadap Seni Golok.

Menurutnya, pihak Belanda sudah akan melakukan seminar di negaranya dengan mengundang Guru Besar Seni Golok Indonesia pada bulan Juli kemarin, namun karena efek pandemi kegiatan ini terpaksa diundur sampai kondisi di Belanda dinyatakan aman.

Ia menilai, Golok sangat layak untuk segera didaftarkan ke Unesco, karena mempunyai sejarah yang panjang dan Unik. Dalam hal ini pihaknya akan sangat mendukung dan siap mengawal Golok untuk sampai ke Unesco.

“Kami mendukung dan mendorong agar Golok bisa terdaftar ke dalam Unesco sebagai salah satu kebudayaan milik Banten,” katanya, kemarin.

Perlu diketahui, Seminar Sejarah Golok Banten ini membahas tentang sejarah dari Golok berdasarkan Manuscript Sunda Kuno Sanghyang Siksakandang Karesian tahun 1518 yang pada lembar ke 17 disebutkan bahwa Golok adalah Senjata Raja tanah Sunda.

Materi lainnya juga di sampaikan tentang Jenis dan Karakteristik dari Golok Banten pada Era Banten Girang (Pajajaran Akhir) sampai pada masa Era Kesulthanan Banten berdasarkan literasi yang diperoleh di Museum London, Inggris dan di Museum Leiden, Belanda. (satibi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp