Pendidikan
Trending

Perpusnas Ajak DPK Banten Data Perpustakaan

SERANG, BANTEN RAYA-Perpustakaan Nasional mengajak Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Banten, untuk melakukan pendataan terhadap jumlah perpustakaan yang ada di Banten.

Ajakan tersebut disampaikan Deni Kurniadi, Deputi Bidang Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan pada Perpustakaan Nasional. Menurutnya, berdasarkan hasil sensus jumlah perpustakaan yang ada di Indonesia mencapai lebih dari 164 ribu perpustakaan.

Jumlah tersebut terdiri dari perpustakaan sekolah, umum, khusus, perguruan tinggi dan jenis perpustakaan lainnya. Ia menilai, tidak sulit untuk melakukan pendataan terhadap jumlah perpustakaan di Banten.

“Karena Provinsi Banten hanya memiliki delapan kabupaten/kota, sehingga akan lebih mudah dan terjangkau untuk melakukan pendataan,” kata Deni saat menutup kegiatan Bimtek Strategi Pengembangan Perpustakaan-Teknologi, Informasi dan Komunikasi yang digelar Perpustakaan Nasional di salah satu hotel di Kota Serang, kemarin.

Dalam kesempatan itu, Deni juga menyampaikan bahwa apa yang dilakukan Perpustakaan Nasional merupakan hasil rapat kerja nasional, yaitu Perpustakaan Nasional memiliki program perpus room. “Sudah ada lebih dari seribu perpustakaan yang mendapatkan bantuan dari program ini,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, Perpustakaan Nasional menjalankan tugas pemerintahan dalam bidang perpustakaan, dengan fungsi sebagai perpustakaan pembina. Salah satunya dengan mengembangkan semua jenis perpustakaan yang ada di Indonesia.

Dalam melakukan pembinaan, lanjutnya, tidak ada batasan wilayah atau tanggungjawab. Dinas Perpustakaan Provinsi Banten juga memiliki tanggungjawab dalam melakukan pembinaan terhadap perpusatakaan yang berada di sekolah pada jenjang pendidikan SD dan SMP.

Di lokasi yang sama, Usman Asshiddiqi Qohara, Kepala DPK Banten menyampaikan bahwa motivasi dan kepercayaan yang tinggi akan memunculkan kesadaran bahwa perpustakaan itu penting.

Ia menilai ada satu hal yang perlu disampaikan abhwa perkembangan perpustakaan saat ini sangat pesat. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian penting dalam pengembangan dan pembangunan perpustakaan. “Untuk di DPK Banten sendiri menjadikan perpustakaan sebagai sarana edukasi dan rekreasi,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Usman juga mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Perpustakaan Nasional karena sudah menjadikan Provinsi Banten sebagai tuan rumah dalam kegiatan ini. (satibi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp