Pendidikan
Trending

Perpusnas Dorong Perpustakaan Miliki SNP

SERANG, BANTEN RAYA-Perpustakaan Nasional (Perpusnas) mendorong perpustakaan di Banten untuk memiliki standar nasional perpustakaan. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memberikan sosialusasi dan edukasi terkait dengan pedoman akreditasi kepada 40 tenaga perpustakaan.

Tisyo Haryono, Ketua Lembaga Asesor Perpustakaan Nasional dalam paparannya menyampaikan, perpustakaan berkualitas mampu memberikan layanan prima kepada pemustaka. Indikator layanan prima diantaranya adalah kepuasan pemustaka, pengakuan formal dan peningkatan berkelanjutan.

“Untuk mencapai pelayanan prima perpustakaan harus dikelola oleh tenaga yang kompeten, didukung oleh koreksi, sarana dan prasarana serta sumber anggaran yang memadai,” kata Tisyo dalam acara Sosialisasi Pedoman Lembaga Akreditasi Perpustakaan, kemarin.

Menurutnya, akreditasi perpustakaan untuk menilai kondisi dan kinerja perpustakaan dengan cara mengukur kesesuaiannya dengan standar nasional perpustakaan. Adapun tujuan akreditasi diantaranya adalah untuk membuktikan bahwa perpustakaan yang dimaksud telah diselenggarakan dan dikelola minimal sesuai standar nasional perpustakaan secara konsisten dan berkelanjutan, untuk menilai kondisi penyelenggaraan dan pengelolaan perpustakaan dan kesesuaiannya terhadap ketentuan standar dan untuk mengetahui posisi dasar dalam peningkatan kinerja/kualitas kerja perpustakaan dalam pelayanan prima bagi pemustaka.

Sementara itu, kata Tisyo, sasaran akreditasi perpustakaan diantaranya adalah perpustakaan umum, perpustakaan khusus, perpustakaan sekolah dan perpustakaan perguruan tinggi. Adapun komponen akreditasi diantaranya adalah standar koleksi, standar sarana dan prasarana, standar pelayanan, standar tenaga, standar penyelenggaraan dan standar pengelolaan. (satibi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp