Pendidikan
Trending

SMAN 6 akan Terapkan Smart School

SERANG, BANTEN RAYA-SMA Negeri 6 Kota Serang akan menerapkan konsep smart school di sekolah. Konsep tersebut salah satu upaya sekolah untuk memanfaatkan revolusi industri 4.0 dengan memanfaatkan teknologi dalam memberikan pelayanan pendidikan.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten Tabani menyampaikan, kegiatan ini salah satu upaya sekolah untuk mengembangkan kompetensi guru dan membuka wawasan guru dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi yang sedemikian cepat berkembang.

“Pak Rustomi selaku Kepala SMA Negeri 6 Kota Serang memiliki konsep smart school, yaitu konsep yang bisa memanfaatkan teknologi dalam proses pelayanan dan pembelajaran baik kepada siwa maupun orangtua,” kata Kepala Dindikbud Banten Tabrani, Selasa (8/6).

Ia mengaku akan mendukung dan mendorong agar konsep ini berjalan dengan baik, dan efektif sehingga bisa ditiru oleh sekolah lainnya dalam memanfaatkan teknologi saat memberikan pelayanan pendidikan.

Senada disampaikan Rustomi Effendi, Kepala SMA Negeri 6 Kota Serang, pihaknya sudah memperkenalkan pendidikan abad 21. Perkembangan masa pandemi atau masa khusus sudah berlalu, maka pihaknya akan menciptakan kegiatan belajar mengajar yang efisien dan efektif.

Artinya, kegiatan belajar mengajar tidak tergantung tempat. Kedepannya peserta didik SMA Negeri 6 Kota Serang bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar tanpa membutuhkan ruangan kelas.

“Karena nantinya akan tercipta kelas maya atau kelas jarak jauh. Belajarnya dengan menggunakan sistem moving class. Peserta didik ada namun tidak berbarengan,” ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, kegiatan belajar mengajar daring dilakukan karena untuk menekan dan mencegah penyebaran Covid-19 di lingkungan sekolah. Namun setelahnya masa pandemi hilang, maka kegiatan moving class ini bisa dilaksanakan dengan baik karena sistemnya sudah terbentuk.

Ia menjelaskan, sistem moving class ini, seorang siswa dituntut untuk kreatif dalam belajar. Guru sudah tidak saatnya lagi memerintahkan siswa untuk belajar. Namun siswa harus belajar dengan kesadaran diri. sehingga siswa mampu menguasai konsep dengan sepenuhnya. maka siswa yang lebih berperan aktif dalam menerima pelajaran dari guru.

Smart school mengantarkan peserta didik untuk lebih efisien dan efektif dalam pembelajaran. Untuk mencapai itu, salah satunya adalah dengan meningkatkan kompetensi guru. (satibi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp