Pendidikan
Trending

Tes SBMPTN Gunakan CAT

SERANG, BANTEN RAYA- Tes Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri wilayah Barat (SMM PTN-Barat) akan menggunakan Computer Assisted Test (CAT). Hal tersebut disampaikan Koordinator Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Taufik Fuadi Abidin.

Menurutnya, metode ujian yang digunakan pada tahun ini sudah mengikuti model UTBK-SBMPTN yaitu CAT, yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang masih Paper Based-Test.

Keuntungannya, menurut Taufik, hasil ujian bisa diketahui dengan cepat karena sistem komputer yang digunakan tersentralisasi dan lebih menjamin kepastian lulusan. Demikian pula, sistem CAT telah digunakan oleh LTMPT terkait pelaksanaan UTBK-SBMPTN selama tiga tahun terakhir dan dipuji banyak pihak mampu meminimalisasi human error. “Jadi lebih transparan dan aman,” katanya, kemarin.

Di lokasi yang sama, E.S. Halimi, mengordinasi Bidang Penjaminan Mutu mengatakan, peserta ujian maksimal bisa memilih dua prodi baik pada satu PTN atau PTN yang berbeda. Peserta yang mendaftar dan ikut ujian tidak harus pada PTN yang dipilihnya.

“Misalnya peserta yang ikut ujian di Unri tidak musti harus memilih prodi yang ada di Unri, tapi boleh di PTN lain dari 17 PTN yang tergabung di dalam SMM PTN-Barat,” katanya.

Demikian pula kelompok ujian Saintek dengan materi ujian TPS dan TKA Saintek meliputi Matematika Saintek, Fisika, Kimia dan Biologi. Adapun kelompok ujian Soshum materi ujian TPS dan TKA-nya ialah Geografi, Sejarah, Sosiologi dan Ekonomi.

” Meskipun terlihat bahwa jadwal pendaftaran cukup panjang, para peserta sudah bisa mendaftar pada awal waktu, untuk menghindari terjadinya down system karena adanya penumpukan pendaftaran pada hari-hari terakhir. Ini juga untuk mengantisipasi gagal bayar di ATM bank-bank mitra,” imbuhnya. (satibi)

Jadwal SMM PTN-Barat:

1. Pendaftaran dimulai 17 Mei 2021 pukul 16.00 WIB hingga 21 Juni 2021 pukul 16.00 WIB.
2. Pelaksanaan UTBK SMMPTN Barat ialah pada 28 Juni hingga 7 Juli 2021.
3. Pengumuman 14 Juli 2021 pukul 16.00 WIB.

Related Articles

Check Also
Close
Back to top button
× Chat Via WhatsApp