Pendidikan
Trending

Tim Sukarelawan Sejarah Bersama ITB Meneliti Benda Cagar Budaya

Batu Bercagak Tiga

SERANG, BANTEN RAYA-Tim Sukarelawan Sejarah dan Budaya Banten yang terdiri dari para team ahli Museum Golok Indonesia, Grup 1 Kopassus dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Banten, melakukan uji laboratorium hidrogeologi dan hidrogeokimia terhadap benda temuan berupa batu bercagak tiga di Institute Teknologi Bandung (ITB), di Gedung Teknik Pertambangan ITB, Labtek IV, Jl. Ganesha No.10 Bandung.

Uji laboratorium yang memfokuskan pada uji X-Ray Powder Diffraction (XRD) Analysis ini dilakukan pada bagian bawah, tengah dan atas batu dan menyimpulkan bahwa sampel didominasi oleh mineral Calcite dan Quartz.
Dalam hasil uji tersebut tampak bahwa ketiga bagian yang diuji tersebut memiliki kandungan mineral yang identik, yaitu CaCO3 (Calcite) dan SiO2 (Quartz dan Cristobalite). Dengan kondisi ini, hampir bisa dipastikan bahwa tidak ada sambungan antara bagian atas dan bawah.

Mineral lain yaitu pyrite dan anorthite kemungkinan merupakan kontak dengan intrusi magma. Sebelumnya seorang Arkeolog Banten Ali Fadilah pada pertemuan diskusi temuan benda yang diduga cagar budaya yang diadakan di Markas Grup 1 Kopassus tersebut menjelaskan, bahwa batu temuan tersebut adalah sambungan karena perbedaan warna pada bagian bawah dan atas batu.

Namun hal ini terbantahkan dengan hasil uji laboratorium yang di ketuai oleh Irwan Iskandar dari Laboratorium Hidrogeologi dan Hidrogeokimia Institut Teknologi Bandung.
Sementara menurut Ariyanto (Ki Kumbang) yang merupakan Pendiri Museum Golok Indonesia sekaligus Ketua Team Observasi mengatakan bahwa temuan artefak ini sementara diamankan di markas Grup 1 Kopassus, untuk selanjutnya dijadikan sebuah sarana edukasi bagi masyarakat Indonesia.
Pihaknya bersama Museum Golok Indonesia dan para sukarelawan lainnya akan terus menelusuri sejarah peradaban bangsa ini untuk dapat dinikmati dan dipelajari oleh anak cucu kelak. (*/satibi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp