Info UnbajaPendidikan
Trending

Unbaja Gandeng DLH Kota Serang

Adopsi Merdeka Belajar

SERANG, BANTEN RAYA-Tim Merdeka Belajar Universitas Banten Jaya (Unbaja) melakukan penjajakan kerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang. Rencana kerjasama ini terkait dengan studi independen yang akan berjalan pertengahan tahun ini.

Dalam sambutannya, Dekan Fakultas Teknik Unbaja Frebhika Sri Puji Pangesti mengungkapkan bahwa Unbaja siap menjadi mitra DLH Kota Serang dalam mengentaskan permasalahan lingkungan.

“Saya berharap kerjasama ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat terkait dengan penyelesaian masalah lingkungan,” katanya, kemarin.

Rencana kerjasama ini rupanya disambut baik oleh Rafiudin, Kepala Bidang Pengelolaan Sampah, Limbah B3 dan Peningkatan Kapasitas Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang. Menurutnya, DLH Kota Serang sangat terbuka kepada siapapun, apalagi berkaitan dengan pengelolaan lingkungan.

“Dengan adanya kerjasama ini, maka bisa saling bersinergi dalam pengentasan permasalahan lingkungan terutama limbah dan persampahan,” katanya.

Hal senada disampaikan Anita Viliana, Kasi Peningkatan Kapasitas, sangat mengapresiasi atas inisiasi dari Unbaja, oleh karenannya kedepan mahasiswa Unbaja bisa belajar langsung di lapangan, membantu DLH Kota Serang guna menyelesaikan permasalahan lingkungan.

Dalam kesempatan yang sama Kabag Inovasi Universitas Banten Jaya Fitriyah menyampaikan bahwa semester ganjil tahun ajaran 2021/2022 Unbaja siap mengimplementasikan merdeka belajar kampus merdeka, yang dapat bersinergi dengan Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang, hal ini karena Unbaja memiliki program studi Teknik Lingkungan.

Alamsyah Basri, Kabid kebijakan Hukum PSLH Unbaja menambahkan bahwa mahasiswa Teknik Lingkungan Unbaja dapat memperoleh pembelajaran yang implementatif, sebagai bagian dari kegiatan-kegiatan yang bisa saling bersinergi terkait merdeka belajar-kampus merdeka yang sedang disiapkan oleh Unbaja, termasuk diantaranya pengelolaan sampah di Kota Serang.

Dalam sesi sharing diskusi Maulfi Kharis, Kabag dunia Usaha dan Industri merdeka belajar- kampus merdeka menyatakan, bahwa menurut Nadiem Makarim Menteri Pendidikan dan Kebudaayan merdeka belajar-kampus merdeka merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja.

Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil. Adanya konsep belajar merdeka tentunya bertujuan untuk memberikan keleluasaan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus.

“Konsep tersebut terus dikembangkangkan oleh kemendikbud sebagai upaya untuk mendapatkan calon pemimpin masa depan yang berkualitas,” imbuhnya. (satibi)

Related Articles

Back to top button
× Chat Via WhatsApp